Note

Menko Airlangga Minta Rumah Sakit Bantu Akselerasi Pemberian Vaksin Booster ke Masyarakat

· Views 22

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan, sebagai bagian penting dari keseluruhan upaya pengendalian pandemi Covid-19, keberadaan fasilitas kesehatan terus mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Di samping itu, fasilitas kesehatan juga didorong untuk mampu meningkatkan ketahanan kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Di antaranya dengan memfasilitasi pemberian vaksin. Hal tersebut ia kemukakan saat meresmikan pembukaan cabang baru Rumah Sakit Citra (RSCA) Arafiq di Sawangan, Depok, Rabu (10/8/2022).

"Saya menyampaikan ucapan selamat atas pembukaan cabang baru RS Citra Arafiq dan berterima kasih atas kontribusinya selama ini dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ke depannya, fasilitas kesehatan seperti RS Citra Arafiq Sawangan ini diharapkan dapat turut membantu akselerasi pemberian vaksin booster bagi masyarakat," katanya dikutip melalui siaran persnya, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Tarif Tol Serpong-Balaraja Gratis, Berlaku 10-21 Agustus

Dibangun dengan latar belakang keinginan salah seorang legenda musik Indonesia yakni mendiang A. Rafiq untuk membantu masyarakat tidak mampu, RS Citra Arafiq termasuk salah satu faskes yang sering menggelar pengobatan dan khitanan gratis.

"Di masa depan, saya berharap RSCA dapat terus menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan, sehingga dapat terus memberikan pelayanan kesehatan prima kepada semua kalangan masyarakat," ujar Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga memaparkan, hingga 9 Agustus 2022, jumlah kasus aktif di Jawa Barat tercatat sebanyak 16.109 kasus, sementara di Kota Depok sendiri berjumlah 6.671 kasus aktif.

Dari sisi vaksinasi, pada periode yang sama di Jawa Barat telah mencapai 85,91 persen untuk dosis 1, 74,52 persen untuk dosis 2, serta 32,78 persen untuk dosis 3 (booster). Untuk wilayah Depok, cakupan vaksinasi baru mencapai 78,99 persen untuk dosis 1, 70,49 persen untuk dosis 2, dan 28,59 persen untuk vaksin booster.

Baca juga: Singapura Merajai PMA, Bahlil: Mungkin Uang Orang Indonesia

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) ini pun berharap, dengan kehadiran RS Citra Arafiq Sawangan diharapkan mampu menyediakan alternatif pilihan fasilitas medis lengkap bagi masyarakat Depok dan sekitarnya.

Sekaligus mampu memberdayakan lebih banyak tenaga kerja, khususnya di bidang kesehatan dan UMKM sehingga dapat memberikan multiplier effect yang lebih besar.

"Saya berpesan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan keberadaan RS ini, serta turut menjaga dan merawatnya dengan sebaik-baiknya. Semoga segala upaya baik kita selalu mendapat bimbingan, arahan dan petunjuk dari Allah SWT," kata dia.

Baca juga: Ini Peran Lembaga Kliring dalam Perdagangan Emas Digital

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.