Note

Outlook Indeks Dolar Pasca Data Inflasi AS

· Views 27

Minat terhadap aset berisiko terpicu semalam, menyusul rilis data inflasi AS yang menunjukkan terjadinya perlambatan pada periode Juli. Surutnya laju inflasi AS tentu tidak akan menghentikan langkah The Fed untuk kembali menaikkan suku bunga pada bulan September. Namun proyeksi pasar kini bergeser, dari sebelumnya kenaikan sebanyak 75 bps menjadi 50 bps.

Indeks Dolar (DXY) yang mewakili kinerja USD terhadap sejumlah mata uang utama lainnya lengser tajam hingga kemudian ditutup turun 1.04 persen ke level 105.15 pada akhir perdagangan sesi New York dini hari tadi (WIB). DXY telah mengalami penurunan sebanyak 1.26 persen di sepanjang pekan hingga hari ini, Kamis (11/9). Sementara, sejak awal Agustus, DXY terkoreksi 0.57 persen.

Perkembangan berikutnya barangkali akan sangat menarik untuk diikuti, terutama jika kita memperhatikan price action atau aksi harga pada chart Daily dan Monthly.

Grafik Daily

Outlook Indeks Dolar Pasca Data Inflasi AS

Pada chart Daily, DXY menutup posisi candlestick di bawah kurva MA-50 untuk pertama kalinya sejak Februari lalu. Ditambah dengan indikator RSI yang berada di teritori negatif, potensi bearish menjadi semakin besar untuk mengincar support terdekat yang berlokasi di 103.42 (Low 16 Juni) dan 102.35 (Low 5 Mei). Skenario bearish jangka pendek/menengah ini valid selama DXY bergerak di bawah resistance dinamis MA-50 yang sekarang berada di 105.59.

Grafik Monthly

Outlook Indeks Dolar Pasca Data Inflasi AS

Bias jangka panjang atau long-term masih positif. Akan tetapi, prospek untuk fase koreksi atau konsolidasi menjadi terbuka setelah Pin Bar terbentuk pada saat indikator RSI memasuki wilayah overbought. Sementara itu, secara fundamental, rilis data inflasi AS untuk periode Agustus barangkali akan menjadi katalis penting berikutnya bagi pelaku pasar. Jika data itu kembali menunjukkan perlambatan laju inflasi, maka fase koreksi menuju level psikologis 100.00 adalah kemungkinan yang tidak dapat diabaikan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.