Note

Australia Mau Adopsi Mata Uang Digital, Bakal Uji Coba CBDC

· Views 20

Jakarta, IDN Times - Bank Sentral Australia atau Reserve Bank of Australia (RBA) meluncurkan program penelitian mata uang digital. Penelitian sendiri ditargetkan rampung dalam kurun waktu satu tahun. Diharapkan, dengan adanya mata uang digital mampu mendukung transformasi digital di negeri Kangguru.

Reserve Bank of Australia (RBA) menyatakan mata uang digital diharapkan membawa manfaat ekonomi kepada masyarakat dan negara.

Bank Sentral Australia sendiri bermitra dengan Digital Finance Cooperative Research Center (DFCRC) sebuah kelompok industri yang didukung pemerintah untuk mendukung program tersebut.

Baca Juga: Menparekraf: Tudingan Senator Hanson soal Bali Tidak Berdasar Fakta

1. Bank Sentral Australia siapkan payung hukum mata uang digital

Australia Mau Adopsi Mata Uang Digital, Bakal Uji Coba CBDCIlustrasi transaksi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Proyek yang diinisiasi oleh Reserve Bank of Australia (RBA) ini akan berusaha mengidentifikasi kasus penggunaan mata uang digital yang sifatnya inovatif dan model bisnis yang dapat didukung oleh penerbitan CBDC.

"Reserve Bank of Australia (RBA) juga akan mengidentifikasi dan memahami soal pertimbangan teknologi, hukum, dan peraturan penggunaan mata uang digital," tulis Reserve Bank of Australia (RBA) dalam sebuah pernyataan tertulis seperti dikutip dari ChannelNews Asia, pada Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Bos BI Sebut 3 Aspek Penting Pengembangan Rupiah Digital

2. Percontohan penggunaan mata uang digital akan dilakukan

Australia Mau Adopsi Mata Uang Digital, Bakal Uji Coba CBDCIlustrasi transaksi digital (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Dalam penelitian yang akan berlangsung selama satu tahun tersebut, Reserve Bank of Australia (RBA) juga akan melakukan sejumlah percontohan mata uang digital dengan skala terbatas.

"Artinya, penggunaan mata uang digital hanya diterapkan di sektor tertentu," kata Reserve Bank of Australia (RBA). 

Baca Juga: Zimbabwe Luncurkan Koin Emas Pengganti Mata Uang

3. Pelaku industri diajak berkolaborasi

Australia Mau Adopsi Mata Uang Digital, Bakal Uji Coba CBDCilustrasi mata uang digital. (Pexels.com/Olya Kobruseva)

RBA menambahkan peserta industri yang tertarik dengan proyek mata uang digital akan diundang untuk mengembangkan kasus penggunaan khusus yang menunjukkan bagaimana CBDC dapat digunakan untuk menyediakan layanan pembayaran dan penyelesaian yang inovatif dan bernilai tambah.

"Reserve Bank of Australia (RBA) juga terbuka dengan masyarakat umum dan pelaku bisnis," tulisnya. 

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.