Note

MENGENAL APA ITU INDIKATOR PARABOLIC SAR

· Views 29
MENGENAL APA ITU INDIKATOR PARABOLIC SAR

Parabolic SAR adalah indikator teknikal yang dibuat oleh J Welles Wilder dan digunakan untuk melihat saat berakhirnya suatu tren dan mengetahui kapan harga suatu aset akan berbalik arah. Indikator ini biasa digunakan sebagai cara analisa saat pasar dalam keadaan tren.

Kata SAR merupakan singkatan dari stop and reverse. Istilah ini juga menjadi fungsi dasar dari indikator parabolic SAR sebagai penanda stop atau berhenti dan reverse atau berbaliknya arah tren.

Anda tidak perlu membuat indikator ini secara manual, karena parabolic SAR biasanya sudah tersedia (built-in) pada platform trading online, termasuk MetaTrader 4 dan MetaTrader 5. Dalam tampilannya di MetaTrader, indikator ini muncul sebagai titik-titik pada bagian atas atau bawah candlestick.

 

Setting Parabolic Sar

Indikator ini sudah tersedia pada MetaTrader 4 dan MetaTrader 5, artinya adalah Anda hanya cukup untuk membuka “Menu Chart/Grafik” pada platform trading Anda, lalu pilih subfolder “Trend” pada daftar “Indicator” di dalam platform “Navigator” dan klik dua kali pada “Parabolic SAR“.

Setelah itu, Anda akan melihat dua kolom yaitu “Step” dan “Maximum“. Dimana “Step” adalah untuk ukuran faktor akselerasi, nilai standar yang ditetapkan adalah 0,02. Faktor akselerasi atau acceleration factor dimulai dengan nilai ini dan kemudian akan meningkat secara bertahap sebanyak 0,02 sampai mencapai nilai maksimum 0,20.

 

Komponen Pembentuk Parabolic Sar

1. Extreme Point (EP): Ditentukan bergantung tren yang sedang berlangsung saat ini.

2. Significant Point: Harga tertinggi atau terendah pasar dalam satu periode.

3. Acceleration Factor (AF): Faktor akselerasi adalah sebuah nilai yang digunakan dalam penempatan titik SAR.

 

Dalam perhitungannya, Parabolic SAR dituliskan sebagai berikut:

SARBesok= SARSaatIni (AFx (EP-SARSaatIni)

 

Kesimpulannya adalah, bahwa Parabolic SAR hanyalah sebuah alat bantu untuk Anda yang merasa bingung ketika menentukan sampai mana trend akan bergerak. Untuk Anda yang agresif dan ingin mencoba menggunakan ini sebagai titik entry, sangat disarankan untuk dikombinasikan dengan cara lain.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan Anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.