Note

Kunjungan Ketua DPR AS Panaskan Tensi China-Taiwan, Wall Street Kena Imbasnya

· Views 31
Kunjungan Ketua DPR AS Panaskan Tensi China-Taiwan, Wall Street Kena Imbasnya
WASHINGTON - Wall Street berakhir lebih rendah setelah sesi bervariasi pada perdagangan Selasa (2/8/2022) waktu setempat. Sentimen negatif datang dari munculnya ketegangan geopolitik setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS, Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan .

Pelosi mengatakan, perjalanannya menunjukkan solidaritas Amerika dengan pulau yang diklaim China itu. Tetapi China mengutuk kunjungan pertama seperti itu dalam 25 tahun sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas.

Baca Juga: Beijing Ancam Washington agar Ketua DPR AS Tak Kunjungi Taiwan

Mengutip Reuters, indeks S&P 500 turun 0,66% untuk mengakhiri sesi di level 4.091,32. Sedangkan Nasdaq turun 0,16% menjadi 12.348,76, sementara Dow Jones Industrial Average turun 1,23% menjadi 32.396,30 poin.

Sektor yang berat seperti Microsoft (MSFT.O) dan Visa (V.N) masing-masing kehilangan 1,1% dan 2,4%, membebani S&P 500. Semua 11 indeks sektor S&P 500 melemah, dipimpin lebih rendah oleh real estat (.SPLRCR), yang kehilangan 1,3% . Keuangan (.SPSY) turun 1,1%.

Saham pembuat chip yang sangat terekspos ke China berakhir beragam. Advanced Micro Devices (AMD.O) menguat 2,6% menjelang laporan triwulanan setelah bel pembukaan.

Industrial bellwether Caterpillar (CAT.N) anjlok 5,8% setelah peringatan penurunan permintaan yang lebih besar untuk ekskavatornya di China yang dilanda krisis properti. Hal itu menambah lebih banyak rasa sakit pada pemimpin industri yang bergulat dengan gangguan rantai pasokan.

Pasar keuangan telah bergolak dalam beberapa bulan terakhir oleh perang Ukraina, melonjaknya inflasi dan pengetatan kondisi keuangan.

Lowongan pekerjaan AS pada bulan Juni turun paling dalam hanya dalam dua tahun, karena permintaan pekerja berkurang di industri perdagangan eceran dan grosir. Secara keseluruhan pasar tenaga kerja tetap ketat.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Turun Setelah Sempat Naik ke Level Tertinggi

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.