Note

Kideco Gunakan Bus Listrik Buatan Dalam Negeri untuk Kegiatan Operasional di Area Tambangnya

· Views 21

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kideco Jaya Agung (Kideco) menggunakan bus listrik buatan dalam negeri yang diproduksi oleh PT Mobil Anak Bangsa (MAB) untuk kegiatan operasional di area tambangnya. Bus yang digunakan adalah bus listrik MAB tipe MD 12 E NF.

Bus listrik tersebut digunakan sebagai sarana angkutan karyawan di tambang Kideco di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Presiden Direktur Kideco Mochamad Kurnia Ariawan mengatakan, dengan penggunaan bus listrik diharapkan emisi karbon di lingkungan tambang Kideco akan berkurang. Hal ini juga dilakukan dalam upaya mendukung tercapainya program pemerintah terkait net zero emission yang ditargetkan tercapai pada tahun 2050 mendatang.

"Bus ini sudah kami gunakan sejak akhir tahun lalu sebagai angkutan karyawan. Kami merasakan bus ini sangat nyaman, dan yang membanggakan adalah kendaraan ini merupakan asli buatan anak bangsa. Hal ini juga sebagai wujud nyata kami dalam upaya menurunkan emisi, pada aktivitas operasional kami,” ujar Mochamad Kurnia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Dukung KTT G20, UI Bikin Bus Listrik

Kurnia menambahkan, pihaknya berencana menambah armada bus listrik. Bus yang akan dibeli adalah bus dengan tipe yang sama seperti yang sebelumnya sudah dibeli.

Bus dengan panjang 12 meter itu, mampu melaju dengan kecepatan 110 kilometer per jam. Bus tersebut berkapasitas 48 tempat duduk, dan membutuhkan waktu pengisian daya selama dua puluh menit hingga tiga jam, dengan jangkauan 250 kilometer jika kapasitas baterai 100 persen.

Rencananya, bus itu juga akan digunakan sebagai angkutan karyawan di tambang Kideco.

Kurnia menjelaskan, selain penggunaan bus listrik, komitmen perusahaan untuk menurunkan emisi karbon juga bisa dilihat dari penggunaan solar cell sebagai pembangkit listrik ramah lingkungan sejak April 2021 lalu.

Baca juga: Awal 2022, Bus Listrik Produk Bakrie Mulai Mengaspal

Pihaknya serius dalam menjadikan perusahaannya menjadi eco-friendly Indonesian energy provider di hari ini dan di masa depan, setara dengan perusahaan global lain dalam kontribusinya mewujudkan net zero emission 2050.

Sementara itu, Direktur Utama MAB, Kelik Irwantono menuturkan, pembelian produk bus listrik MAB, menunjukan semakin tingginya kepercayaan dari perusahaan di Indonesia terhadap kendaraan listrik buatan dalam negeri.

"Kami berkomitmen menghasilkan produk kendaraan listrik yang berkualitas, untuk Indonesia yang semakin ramah lingkungan,” ujarnya.

Baca juga: Tekan Emisi, Grup APRIL Gandeng MAB Gunakan Bus Listrik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.