Note

Kenaikan Tiket Terusan Pulau Komodo dan Padar Segera Diberlakukan

· Views 9
Kenaikan tiket terusan Pulau Komodo dan Padar segera diberlakukan

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, kenaikan tiket terusan Pulau Komodo dan Pulau Padar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan segera diberlakukan.

Sandiaga mengungkapkan, kenaikan untuk memenuhi kebutuhan aspek konservasi lingkungan di kawasan Taman Nasional Komodo. Jika konservasi lingkungan tidak diperhatikan, maka nilai ekonomi di kawasan wisata tersebut akan kurang bernilai serta tidak berarti.

Sandiaga  menjelaskan, dengan adanya kenaikan tiket terusan tersebut nantinya bakal mengurangi jumlah kunjungan wisatawan. Ini agar lingkungan di sekitar Pulau Komodo dan Pulau Padar bisa terjaga.

"Dampak yang ingin dicapai, yaitu pembatasan di Pulau Komodo dan Pulau Padar untuk akses konservasi, sehingga konservasi dan ekonomi, keduanya bisa berjalan beriringan," kata dia dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (25/07/2022).

Akan tetapi, jika tujuan wisatawan hanya ingin melihat komodo sebagai hewan asli kawasan tersebut, maka bisa berkunjung ke Pulau Rinca. Di wilayah itu, ukuran bahkan bentuk komodo pun sama persis dengan di Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Namun lain halnya, jika wisatawan tetap ingin berkunjung ke dua pulau tersebut, maka akan dibebankan biaya tambahan. Nah, uang tersebut digunakan untuk konservasi kawasan tersebut.

"Kalau hanya ingin melihat komodo, bisa ke Pulau Rinca," katanya.

Sandiaga menambahkan, harga tiket yang ditawarkan untuk Pulau Rinca masih sama serta tidak mengalami kenaikan seperti ke Pulau Komodo dan Padar. Selain itu, kawasan Rinca pun masih sama, yakni habitat asli komodo.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.