Note

Luhut Yakin Satu Dekade Mendatang Indonesia Jadi Negara Maju

· Views 18
Luhut Yakin Satu Dekade Mendatang Indonesia Jadi Negara Maju

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Foto: Antara/Resno Esnir
Luhut mendorong transformasi ekonomi di tanah air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia akan mengejar peningkatan PDB ke angka tiga triliun dolar AS. Untuk bisa mengejar target tersebut perlu adanya transformasi ekonomi.

Luhut menjelaskan salah satu langkah transformasi ekonomi adalah dengan mengefisiensikan belanja dan tidak lagi bergantung pada komoditas. Ia menilai, hilirisasi menjadi salah satu cara untuk peningkatan efisiensi.

Baca Juga
  • Luhut: Arab Saudi tak Mau Kehilangan Indonesia Seperti Kehilangan China
  • Luhut: Industri Sawit Strategis Bagi Indonesia
  • Luhut: Audit Perkebunan Bantu Perbaiki Tata Kelola Industri Sawit

"Dalam 8 tahun terakhir, Indonesia telah mentransformasi ekonomi menjadi lebih efisien, lebih maju, dan tidak terlalu bergantung pada komoditas. Hal ini dicapai melalui hilirisasi industri, peningkatan efisiensi melalui digitalisasi, dan transformasi perdesaan," ujar Luhut dalam keterangan resminya, Ahad (24/7/2022).

Luhut menjelaskan dengan upaya ini maka ke depan Indonesia bisa mencapai pendapatan per kapita di kisaran 10 ribu dolar AS. "Sehingga satu dekade mendatang Indonesia bisa jadi bagian negara maju," tambah Luhut.

Menurut Luhut, hilirisasi industri juga harus memperhatikan aspek lingkungan. Indonesia mendapat transfer teknologi, added value, penciptaan lapangan kerja untuk tenaga kerja lokal.

"Ini bisa menciptakan pemerataan ekonomi khususnya di daerah luar Jawa. Melalui hilirisasi industri, pembangunan menjadi lebih merata dan mendorong industrialisasi di wilayah timur Indonesia," ujar Luhut.

Luhut Yakin Satu Dekade Mendatang Indonesia Jadi Negara Maju
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.