Note

G7 Usulkan Batas Harga Minyak Rusia, Harga Minyak Mentah Bisa Naik ke 140 Dollar AS Per Barrel

· Views 22

NEW YORK, KOMPAS.com – Harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan pada perdagangan Selasa (19/7/2022) waktu setempat. Kenaikan harga minyak tersebut terjadi pasca-usulan negara G7 (Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Prancis) untuk menetapkan batas harga minyak Rusia.

Mengutip Bloomberg, harga minyak West Texas Immediately (WTI) untuk kontrak Agustus 2022 naik 1,58 persen menjadi 104,2 dollar AS per barrel. Demikian juga dengan minyak Brent untuk kontrak September 2022 yang naik 1,02 persen dan ditutup pada level 107,3 dollar AS per barrel.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Dunia Dibayangi Inflasi AS dan Potensi Resesi

Menurut co-direktur Institute for the Analysis of Global Security Gal Luft batasan harga minyak Rusia adalah ide konyol yang akan menjadi bumerang bagi negara-negara G7 termasuk AS. Rencana tersebut juga dinilai bisa mendorong harga minyak melonjak menjadi 140 dollar AS per barrel.

“Ini semacam ide yang konyol menurut saya. Itu mengabaikan fakta bahwa minyak adalah komoditas yang sepadan,” kata Gal Luft mengutip CNBC.

Baca juga: Negara G7 Akan Larang Impor Emas Rusia

Rencana penetapan batas harga minyak Rusia ini dilakukan karena AS untuk membatasi aliran uang yang masuk ke Rusia, yang mana nantinya akan dipakai Rusia untuk mendanai perangnya. Disamping itu rencana tersebut juga dinilai pemerintah AS akan menurunkan harga minyak di tingkat konsumen.

"Itu bukan cara kerja pasar minyak. Ini adalah pasar yang sangat canggih, Anda tidak bisa memaksa harga turun,” tambah Luth.

Baca juga: Pembahasan Perang Rusia-Ukraina di G20, Apa Hasilnya?

Luth menambahkan, apa yang mungkin akan terjadi adalah Rusia akan membatasi produksinya dan menciptakan kekurangan “buatan” di pasar.

"Orang-orang Eropa dan Amerika yang berbicara tentang pembatasan harga 40 dollar AS per barrel, tapi nantinya yang akan mereka dapatkan adalah 140 dollar AS per barrel," tambah Luft.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.