Note

Inilah Masjid Al-Jum’ah, Tempat Rasulullah Sholat Jumat Pertama Kali

· Views 30
Penampakan Masjid al-Jum'ah di kawasan Wadi Ranuna, Arab Saudi. (Foto: Instagram)

MADINAH, iNews.id – Madinah menjadi rumah bagi sejumlah masjid dan situs bersejarah bagi Dunia Islam. Di kota ini, kaum Muslim dapat menjelajahi tempat-tempat yang berhubungan dengan perjalanan dakwah Nabi Muhammad.

Salah satunya adalah Masjid al-Jum’ah. Rumah ibadah tersebut menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses hijrah Nabi Muhammad. 

Saat dalam perjalanannya dari Makkah ke Madinah, Rasulullah singgah di kawasan Wadi Ranuna dan melaksanakan Sholat Jumat di sana. Tempat itulah kemudian dikenal dengan sebutan Masjid al-Jum’ah yang berarti masjid tempat Rasulullah menunaikan Sholat Jumat untuk pertama kalinya.

Masjid al-Jum’ah memiliki beberapa alias, seperti Masjid al-Wadi dan Masjid Atikah.

Arab News pada Senin (18/7/2022) melansir, sebagai situs sejarah yang memiliki peran penting dalam sejarah Islam, masjid itu kerap didatangi pengunjung atau jemaah yang datang untuk menunaikan shalat.

Masjid itu terletak di barat daya Madinah, dekat Wadi Ranuna. Lokasinya sekitar 900 meter di utara Masjid Quba dan 6 kilometer dari Masjid Nabawi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.