Note

Pengajuan kebangkrutan Celsius Menunjukkan Ada Masalah Besar

· Views 15

Pengajuan kebangkrutan Celsius telah mengungkapkan beberapa kejutan yang tidak menyenangkan tentang keadaan platform pinjaman kripto, termasuk defisit $ 1,2 miliar yang sebagian besar terbentuk sebagai akibat dari simpanan pengguna.

Dokumen kebangkrutan bab 11 yang ditandatangani oleh CEO Celsius Alex Mashinsky pada 14 Juli telah mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut memiliki aset sekitar $4,3 miliar terhadap kewajiban $5,5 miliar, yang mewakili defisit $1,2 miliar.

Setoran pengguna merupakan sebagian besar kewajiban sebesar $ 4,72 miliar, sementara aset Celsius termasuk token CEL sebagai aset senilai $ 600 juta, aset penambangan senilai $ 720 juta, dan aset crypto $ 1,75 miliar.

Nilai token CEL telah menimbulkan kecurigaan dari beberapa komunitas kripto, karena seluruh kapitalisasi pasar untuk token CEL hanya $321 juta, menurut data CoinGecko.

Di antara aset kripto terdapat 410.421 token Lido Staked ETH (stETH) senilai sekitar $479 juta yang menghasilkan 5% APY, meskipun token itu sendiri tidak dapat ditukarkan dengan Ether (ETH) hingga jaringan Ethereum bertransisi ke konsensus Proof-of-Stake di Gabungkan .

CEO Celsius Alex Mashinsky menandatangani dokumen yang menyatakan bahwa perusahaan juga dapat menjual Bitcoin (BTC) yang ditambang oleh operasi penambangan Celsius Mining Bitcoin untuk “menghasilkan aset yang cukup” untuk membayar setidaknya satu pinjamannya dan memberikan pendapatan bagi perusahaan di masa depan. Perusahaan memproyeksikan dapat menghasilkan sekitar 15.000 BTC hingga 2023.

Pendiri Swan Bitcoin, Cory Klippstein, menyesalkan keputusan Celsius dan Voyager baru-baru ini untuk mengajukan perlindungan Bab 11 daripada Undang-Undang Perlindungan Investor Sekuritas (SIPA).

Dalam tweet 14 Juli, Klippstein mengatakan pengajuan di bawah SIPA akan mengalihkan kepemilikan aset perusahaan kepada pelanggan, yang setidaknya akan memberi mereka sebagian dari simpanan mereka kembali.

Berdasarkan proses kebangkrutan Bab 11, perusahaan yang mengajukan perlindungan mengklaim kepemilikan semua aset. Di bawah SIPA, perusahaan yang gagal harus mentransfer rekeningnya ke perusahaan lain atau dilikuidasi dan mengirim dana kepada investor.

Ekonom dan blogger skeptis Crypto Frances Coppola berbagi lebih banyak berita buruk potensial dalam posting blog 14 Juli dengan menjelaskan mengapa dia percaya deposan Celsius “tidak akan mendapatkan uang mereka kembali.”

Dia berpendapat bahwa Celsius menjalankan apa yang dia sebut “bank bayangan,” yang didefinisikan oleh Investopedia sebagai “perantara keuangan yang tidak diatur” non-bank.

“Deposito di bank bahkan bukan ‘aset nasabah’, apalagi ‘aset yang dikelola.’ Mereka adalah pinjaman tanpa jaminan ke bank. Dengan demikian, mereka menjadi kewajiban bank dan sepenuhnya berisiko bangkrut.”

“Penyimpan di bank tidak memiliki hak hukum untuk mengembalikan dana mereka. Kalaupun syarat rekeningnya mengatakan dana bisa ditarik kapan saja nasabah mau, bank bisa menolak nasabah menarik dananya jika tidak punya uang tunai untuk membayarnya,” jelasnya.

Coppola juga menambahkan bahwa ketentuan penggunaan Celsius memperjelas bahwa Celsius diperbolehkan “berbuat sesuka hati” dengan dana yang disimpan oleh pelanggan.

“Dan secara khusus dikatakan bahwa jika terjadi kebangkrutan, pelanggan mungkin tidak mendapatkan semua, atau bahkan sebagian, uang mereka kembali.”

Pengajuan kebangkrutan Celsius Menunjukkan Ada Masalah Besar

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.