Note

Investor Pemula Wajib Tahu Apa Indeks Saham dan Kegunaannya

· Views 29
Investor Pemula Wajib Tahu Apa Indeks Saham dan Kegunaannya
Investor Pemula Wajib Tahu Apa Indeks Saham dan Kegunaannya. (FOTO : MNC Media)

IDXChannel - Apa Indeks Saham dan Kegunaannya? Istilah ini masih jarang sekali diketahui oleh para investor pemula yang berkecimpung di pasar saham.

Oleh karena itu, bagi Anda yang baru terjun ke dunia pasar saham, alangkah baiknya untuk memahami lebih dulu pengertian dan kegunaan dari indeks saham tersebut.

BACA JUGA:
Saham Cowell Development (COWL) Berpotensi Delisting 

Nah, berikut ini akan kami jelaskan apa indeks saham dan kegunaanya yang telah kami himpun dari berbagai sumber.

Pengertian Indeks Saham

Perlu Anda ketahui Indeks saham adalah suatu ukuran statistik mengenai seluruh pergerakan harga atas sekumpulan saham yang sesuai dengan kriteria dan metodologi tertentu dan dievaluasi berkala.

BACA JUGA:
Dapat Restu Rights Issue, Saham Emiten Kaesang Cs Kok Lesu?

Indeks saham sendiri juga bisa dikatakan sebagai indikator atau alat pengukuran kinerja dan nilai pada pasar saham yang nantinya perhitungan indeks saham akan dihitung dari pergerakan harga pada saham tertentu. Salah satu indeks saham yang ada di Bursa Efek Indonesia yakni adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Pelemahan atau penguatan yang terjadi pada indeks saham akan menjadi cerminan pada pasar saham, maka dari itu indeks saham merupakan salah satu indikator penting bagi seorang investor yang akan berinvestasi.

BACA JUGA:
3 Ciri Saham Layak Ditabung Jangka Panjang, Pemula Wajib Tahu

Dalam hal ini indikator tersebut digunakan untuk menerangkan kondisi pasar yang terjadi apabila pergerakan dari indeks saham menunjukan penguatan atau pelemahan. Oleh sebab itu investor akan memiliki dasar dan acuan untuk memilih waktu yang baik saat berinvestasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.