Note

Dongkrak Platform Kopra, Bank Mandiri Genjot Layanan Transaksional Segmen Wholesale

· Views 18

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri memacu ekspansi platform Kopra by Mandiri agar mampu berkontribusi optimal bagi perkembangan sektor usaha di Indonesia.

Hingga Mei 2022, nasabah wholesale yang tercatat sebagai pengguna Kopra by Mandiri telah mencapai lebih dari 51,000 pengguna dari sebelumnya sebanyak 2,100 pengguna pada bulan Oktober 2021.

Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Panji Irawan mengungkapkan, Kopra by Mandiri menawarkan berbagai solusi transaksional yang komprehensif dan dapat disesuaikan dengan beragam kebutuhan nasabah. Semua solusi itu dapat dinikmati dengan akses single sign-on sehingga sangat mudah dan relatif cepat.

Baca juga: Bank Mandiri Layani Pencairan Surat Perintah Pencairan Dana Lewat Kopra

“Dengan sejarah panjang sebagai bank korporasi, kami memiliki pemahaman yang cukup lengkap mengenai berbagai kebutuhan transaksional perusahaan dari berbagai sektor usaha. Dari pemahaman itu, lahirlah Kopra by Mandiri yang kami harapkan dapat menjadi solusi e-banking wholesale yang andal dan terpercaya,” ujar Panji, Selasa (12/7/2022).

Dia menambahkan, salah satu fitur andalan Kopra by Mandiri yang terus dikembangkan adalah Kopra Host to Host. Fitur ini merupakan layanan berbasis Application Program Interface (API) dan menawarkan solusi terintegrasi bagi pelaku usaha di berbagai sektor usaha.

Dengan fitur ini, nasabah dan pelaku usaha dapat melakukan inisiasi, otorisasi, dan kontrol transaksi melalui sistem yang terpadu serta terhubung langsung dengan sistem bank secara real time.

Bank Mandiri optimistis, Kopra Host to Host akan memberikan nilai tambah yang optimal bagi berbagai sektor usaha, antara lain sektor asuransi.

Baca juga: Bank Mandiri Optimistis Kredit Perbankan Tumbuh 7,5 Persen

“Mengapa asuransi? Karena industri ini terus menunjukkan tren yang positif dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan asuransi, terutama hikmah atau lesson learn pada pandemi 2 tahun belakangan ini. Oleh sebab itu, kami melihat adanya potensi layanan dan solusi yang terbuka untuk Kopra Host to Host memfasilitasi aktifitas bisnis di sektor ini," ungkap Panji.

Adapun, Bank Mandiri telah menjalin kolaborasi dengan sejumlah perusahaan asuransi di Indonesia. Salah satu inisiasi yang terkini, Bank Mandiri baru saja menyepakati kerjasama dengan Mandiri AXA General Insurance (MAGI) dalam kerjasama penggunaan layanan Host to Host (H2H) Payment Bank Mandiri.

“Dengan manfaat dan capability yang ditawarkan Kopra Host to Host, sinergi ini dapat membantu MAGI memperkuat lini produk dan layanan asuransi umum yang dikembangkan guna mendorong laju perkembangan bisnis asuransi di tengah persaingan yang semakin ketat,” tutur dia.

Sementara itu, Direktur MAGI Edwin Sugianto berharap agar kerja sama tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembayaran antara lain terkait klaim, agen, tagihan, dan pajak.

"Semoga kerja sama ini dapat terus berjalan dengan baik dan dapat memberikan pelayanan terbaik serta keamanan kepada seluruh nasabah maupun calon nasabah baik MAGI dan Bank Mandiri ke depannya," tutup Edwin.

Baca juga: Per Mei 2022, Penyaluran KUR Bank Mandiri Tembus Rp 16,85 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.