Note

Rupiah Bergerak Lambat, Eksportir Tambang Paling Diuntungkan

· Views 21
Rupiah Bergerak Lambat, Eksportir Tambang Paling Diuntungkan
Ilustrasi rupiah (Shutterstock)

Suara.com - Research Analyst Mirae Asset Sekuritas Juan Harahap menilai dengan tren laju inflasi yang bertambah cepat serta usaha bank sentral untuk meredamnya dengan menekan suku bunga, sudah berdampak pada nilai tukar rupiah.

Namun, kata dia, tekanan rupiah tersebut tentunya akan menguntungkan bagi perusahaan berorientasi ekspor, terutama eksportir batu bara.

“Faktor rupiah tersebut juga akan ditambah faktor positif dari kenaikan harga batu bara yang kembali menguat dan akan bertahan di atas kisaran USD 300/ton, dengan faktor utama dari larangan impor batu bara Rusia oleh negara-negara Eropa,” kata Juan dalam paparan media secara daring, Selasa (12/7/2022).

Pada penutupan perdagangan hari ini nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat  ditutup melemah.

Baca Juga: BI Mulai Dalami Rencana Penerbitan Uang Rupiah Digital

Melansir Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, tercatat nilai tukar Rupiah di level Rp14.993 per dolar AS. Pada kemarin (11/7) nilai tukar rupiah ditutup Rp14.969.

Sementara itu Indeks Harga Saham Gabungan pada penutupan perdagangan hari Selasa ini parkir di zona merah.

Mengutip data RTI, IHSG melemah ditutup melemah tipis 0,06 persen atau melemah 3,8 basis point di level 6.718.

IHSG bergerak variatif dari batas atas di level 6.745 hingga batas bawah pada level 6.708 setelah dibuka pada level 6.732.

Terpantau investor melakukan transaksi sebesar Rp9,36 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,66 miliar saham.

Baca Juga: 4 Tahun Rakit Sangkar Burung, Warga Jembrana Ini Raup Jutaan Rupiah Per Bulan

Pada penutupan kali ini, 273 saham menguat 220 terkoreksi, dan 198 saham stagnan. Terpantau, enam dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin oleh sektor kesehatan sebesar 0,58 persen.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.