Note

Imbas Produksi OPEC Terbatas dan Ancaman Resesi, Harga Minyak Mentah Tergelincir

· Views 27
Imbas Produksi OPEC Terbatas dan Ancaman Resesi, Harga Minyak Mentah Tergelincir
Imbas Produksi OPEC Terbatas dan Ancaman Resesi, Harga Minyak Mentah Tergelincir (Dok.MNC)

IDXChannel - Harga minyak mentah mengalami penurunan pada perdagangan sesi Asia pada pagi ini, Senin (4/7/2022).

Pantauan di bursa ICE hingga pukul 09:24 WIB, harga Brent untuk kontrak September 2022 turun 0,35% di USD111,24 per barel. Adapun West Texas Intermediate (WTI) di New York Mercantile Exchange (NYMEX) untuk pengiriman September juga merosot 0,34% di USD108,06 per barel.

BACA JUGA:
Ekspor Nonmigas Dorong Surplus Neraca Perdagangan, Begini Respon Pengamat 

Kekhawatiran resesi global masih membebani pasar, meskipun pasokan diperkirakan terus berlansung ketat seiring rendahnya produksi organisasi negara pengekspor minyak (OPEC), konflik di Libya dan sanksi barat terhadap Rusia.

"Pasar energi secara spesifik masih sarat akan risiko pasokan," kata analis komoditas Commonwealth Bank Tobin Gorey, dikutip dari Reuters, Senin (4/7/2022).

BACA JUGA:
Kapan Beli Pertalite Wajib Pakai MyPertamina? Ini Kata BPH Migas

Sebelumnya, OPEC merilis output produksi pada Juni 2022 mengalami penurunan 100 ribu barel per hari (bph), menjadi 28,52 juta barel per hari. Menurut survei Reuters, realisasi tersebut jauh dari peningkatan yang dijanjikan sekitar 275.000 barel per hari

Peningkatan produksi di Arab Saudi dan sejumlah produsen besar lainnya mengimbangi penurunan produksi di Nigeria dan Libya yang sedang mengalami kerusuhan politik.

BACA JUGA:
SKK Migas Klaim Iklim Investasi di Indonesia Masih Kompetitif

"Kemungkinan ini membuat kelompok OPEC sulit memenuhi kuota produksi yang baru ditingkatkan," kata analis ANZ Research dalam sebuah catatan.

Perusahaan nasional Libya mencatatkan penurunan ekspor minyak menjadi 365.000 bph hingga 409.000 bph. Capaian itu turun sekitar 865.000 barel per hari dibandingkan dengan tingkat normal.

BACA JUGA:
Dua Raksasa Migas Asing Garap Wilayah Migas RI, Total Investasi USD12,1 Juta

Kisruh politik di Libya diperkirakan bakal memukul pasokan minyak. Lebih jauh, pemogokan yang direncanakan oleh pekerja migas di Norwegia pada pekan ini dinilai dapat memangkas produksi minyak dan kondensat negara itu sebesar 130.000 barel per hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.