Note

Polisi Tembakkan Gas Air Mata dan Meriam Air ke Pengunjuk Rasa, 8 Tewas

· Views 17
Warga Sudan menggelar aksi protes pengambilalihan militer di negara itu. (Foto: Reuters)

KHARTOUM, iNews.id - Delapan orang tewas ditembak di Sudan saat aksi unjuk rasa menentang kepemimpinan militer yang merebut kekuasaan delapan bulan lalu. Petugas juga menembakkan gas air mata dan meriam air ke arah demonstran. 

Aksi unjuk rasa digelar pada Kamis (30/6/2022). Massa tampak makin bertambah pada sore jari dan berbaris menuju istana presiden.

Diperkirakan, kerumunan massa di Khartoum, Omdurman dan Bahri kemarin  setidaknya mencapai puluhan ribu. Ini merupakan aksi unjuk rasa dengan jumlah massa terbesar selama berbulan-bulan. 

Di Omdurman, saksi mata melaporkan pasukan keamanan gas air mata dan tembakan untuk mencegah pengunjuk rasa menyeberang ke Khartoum. Namun tetap ada massa yang berhasil menyeberang.

Protes di ibu kota dan kota-kota lain menandai ulang tahun ketiga demonstrasi besar-besaran selama pemberontakan yang menggulingkan penguasa otokratis lama Omar al-Bashir. Penggulingan itu juga menyebabkan pengaturan pembagian kekuasaan antara kelompok sipil dan militer.

Oktober lalu, militer yang dipimpin oleh Jenderal Abdel Fattah al-Burhan menggulingkan pemerintah transisi. Hal itu memicu unjuk rasa menuntut tentara mundur dari politik.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.