Note

3 Tips Mengelola Keuangan Keluarga ala Pasangan Mona Ratuliu dan Indra Brasco

· Views 19

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengelola keuangan keluarga adalah hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Untuk itu dibutuhkan kekompakan antara suami dan istri dalam mengelolanya.

Pasangan public figure Mona Ratuliu dan Indra Brasco membeberkan beberapa tips mengelola keuangan yang bisa dicoba oleh siapa saja.

Tips mengelola keuangan keluarga yang pertama adalah buat pos budget sesuai kebutuhan, serta lakukan evaluasi keuangan secara berkala.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Tidak Boros

Membuat rancangan pengeluaran adalah salah satu strategi utama yang dilakukan oleh Mona Ratuliu dan Indra agar pengeluaran keluarga dapat terkontrol dengan baik. Untuk strategi satu ini, dia menekankan, setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan dan rencana keuangan yang berbeda-beda.

Untuk itu, suami dan istri ada baiknya mendiskusikan terlebih dahulu besaran pos budget sesuai dengan tujuan keluarga masing-masing.

“Ketika mengelola keuangan keluarga, kami berdua menerapkan strategi alokasi budget berdasarkan kategori kebutuhan agar pengeluaran bisa lebih terkontrol. Jadi, setiap bulannya aku buat rancangan pos budget, mulai dari kebutuhan harian, tabungan dan investasi, dana pendidikan, rekreasi dan hiburan, biaya transportasi, hingga kebutuhan esensial lainnya," ujarnya dalam bincang-bincang ShopeePay, Rabu (29/6/2022.

"Nah, untuk memenuhi kebutuhan transfer yang beragam tersebut, aku memanfaatkan fitur Transfer ShopeePay karena bisa transfer berkali-kali dan tetap gratis biaya admin. Dengan begitu, di akhir bulan kami bisa melakukan evaluasi pengeluaran dengan mudah melalui riwayat transaksi ShopeePay, sehingga proses pengelolaan keuangan pun makin teratur dan terukur,” sambung Mona Ratuliu.

Lalu tips mengelola keuangan keluarga yang kedua adalah manfaatkan teknologi untuk mempermudah urusan finansial harian.

Mona Ratuliu dan Indra mengaku bahwa kehadiran teknologi sangat membantu urusan finansial keluarganya. Selain membantu keduanya jadi makin produktif dan dapat beraktivitas dengan efisien, Mona dan Indra juga merasa sangat terbantu dengan keunggulan fitur dan juga promo yang ditawarkan.

Baca juga: Simak, Ini Tips Jitu UMKM Perempuan Punya Bisnis Sukses Pasca Pandemi Covid-19

“Ibu-ibu pasti paham kalau setiap harinya ada saja kebutuhan keluarga yang harus ditransfer sana-sini, mulai dari uang belanja dapur, bayar uang sekolah dan les anak, uang saku anak, iuran bulanan kompleks, gaji pegawai, sampai iuran arisan keluarga dan jadwal staycation. Untungnya, sekarang ada fitur Transfer ShopeePay yang praktis dan gratis biaya admin, jadi aku bisa bebas melakukan transfer ke mana pun tanpa ribet dan pastinya tetap hemat,” jelas Mona.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.