Note

Indeks Dolar Melemah, Rupiah Terapresiasi Pagi Ini

· Views 46

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terpantau menguat pada awal perdagangan hari ini, Selasa (20/6/2022). Penguatan juga terpantau pada mayoritas mata uang lain di kawasan Asia.

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah pada pukul 09.40 terpantau menguat 46,00 poin atau 0,31 persen ke posisi Rp14.790,00 per dolar AS. Sementara itu, indeks dolar AS terpantau melemah 0,41 poin atau 0,39 persen di posisi 104,2900.

Selain rupiah, mata uang lain di kawasan Asia lain yang dibuka menguat diantaranya yuan China yang naik 0,19 persen, won Korea Selatan naik 0,13 persen, rupee India naik 0,12 persen, dan dolar Taiwan yang naik 0,11 persen terhadap dolar AS. 

Di sisi lain, peso Filipina justru terpantau melemah 0,17 persen, baht Thailand turun 0,04 persen, dolar Hongkong turun 0,00 persen, dan yen Jepang melemah 0,00 persen terhadap dolar AS. 

Sebelumnya, Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan dolar AS melemah sejenak untuk menarik napas setelah minggu yang bergejolak. Hal ini membuat dolar AS mundur tajam dari tertinggi dua dekade terhadap mata uang utama. 

Namun, pelemahan tersebut mengalami pemulihan setengahnya pada akhir pekan lalu, karena investor terus menilai prospek kebijakan moneter AS dan risiko resesi menyusul kenaikan suku bunga terbesar Federal Reserve sejak 1995. 

Sementara itu, Ketua The Fed Jerome Powell akan bersaksi di depan Senat dan parlemen AS pada Rabu dan Kamis pekan ini. The Fed berjanji pekan lalu terkait komitmennya untuk menjinakkan inflasi adalah 'tanpa syarat'. 

"Sementara itu, Gubernur The Fed Christopher Waller mengatakan pada hari Sabtu bahwa ia akan mendukung kenaikan lagi sebesar 75 basis poin pada bulan Juli," ujar Ibrahim dalam risetnya, Senin (20/6/2022). 

Ibrahim melanjutkan, masih dari AS, Presiden Joe Biden mengatakan pada Sabtu bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk menurunkan beberapa tarif untuk impor barang China, dan kemungkinan jeda pada pajak gas federal, untuk melawan inflasi. 

Di sisi lain, Bank of Japan (BOJ) pada Jumat melawan gelombang pengetatan yang mencakup The Fed, Bank of England, dan bahkan kenaikan setengah poin yang mengejutkan dari Swiss National Bank. 

Dari dalam negeri, Ibrahim mengatakan pemerintah dan Bank Indonesia perlu mewaspadai dari kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS sebesar 75 basis poin menjadi 1,5-1,75 persen minggu lalu, yang dampaknya sudah terasa dari melemahnya mata uang rupiah. 

"Dengan kenaikan suku bunga tersebut, maka arus modal asing kembali keluar di pasar surat utang karena spread antara yield SBN dan yield treasury di tenor yang sama semakin menyempit. Investor asing cenderung mengalihkan dana ke negara maju, memicu capital outflow di emerging market," ujarnya. 

Selain itu, penyempitan likuiditas karena bank dalam posisi mengejar pertumbuhan kredit yang tinggi pasca-pandemi melandai, tapi terhalang oleh kenaikan tingkat suku bunga. 

"Perebutan dana antara pemerintah dan bank dalam menjaga tingkat pembiayaan defisit anggaran akan membuat dana deposan domestik berpindah ke SBN. Crowding out sangat membahayakan kondisi likuiditas di sektor keuangan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.