Note

5 Tips menghindari Begal Rekening, Periksa Lagi Keamanan Data Pribadimu

· Views 21
5 Tips menghindari Begal Rekening, Periksa Lagi Keamanan Data Pribadimu
Ilustrasi atm (freepik.com/dragana-gordic)

Suara.com - Kejahatan begal rekening saat ini tengah marak terjadi. Namun demikian, tips menghindari begal rekening bisa diterapkan untuk mengamankan aset anda di bank. Sistem perbankan juga terus diperbaharui untuk mencegah nasabahnya menjadi korban begal rekening atau bisa juga disebut soceng atau social engineering. 

Perlu diketahui begal rekening adalah modus penipuan baru di mana penipu akan menyamar seolah-olah menjadi pihak resmi jasa keuangan atau e-commerce untuk menjebak korban.

Korban yang dibidik akan dibuat percaya untuk memberikan data pribadi sehingga para begal memiliki celah untuk menguras isi rekening korban. Berikut ini 5 tips menghindari begal rekening yang bisa diterapkan untuk mengamankan uangmu. 

1. Hati-Hati Memberikan Data Pribadi

Baca Juga: Waspada Penipuan Modus Social Engineering, Incar Rekening Bank Pakai Link via Pesan

Pencurian data pribadi marak terjadi dimulai dari internet. Untuk itu, hati-hati dalam memberikan data pribadi untuk menghindari begal rekening. Apalagi jika permintaan data pribadi datang dari website-website tidak dikenal atau nomor telepon asing. Jangan pernah sekalipun membagikan identitas pribadi seperti nomor PIN, kode OTP, atau salinan KTP. 

2. Jangan Unggah Data Pribadi ke Media Sosial

Proteksi pertama agar identitas tidak tersebar di internet adalah dengan tidak mengunggah hal-hal pribadi sembarangan. Misalnya dengan mengunggah foto KTP, KK, atau akta kelahiran. Cek pula setiap unggahanmu di media sosial apakah berpotensi menimbulkan pencurian data pribadi. Jangan sampai kamu sudah berhati-hati dalam memberikan data pribadi kepada nomor tidak dikenal, namun tetap menyebarkannya di media sosial. 

3. Selalu Perbaharui Informasi

Kejahatan dengan modus membegal rekening merupakan hal yang cukup baru. Hal ini membuktikan bahwa jenis-jenis kejahatan terutama di dunia siber bisa terus berkembang. Untuk itu, pastikan bekali diri dengan informasi agar tidak gegabah melakukan hal-hal yang justru membahayakan diri sendiri. Pastikan pula kamu membekali diri dengan pedoman keamanan data pribadi di setiap akun yang kamu gunakan.

Baca Juga: Waspada! Begal Rekening Modus Soceng, Hitungan Menit Uang Langsung Habis

4. Belanja di e-Commerce Terpercaya 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.