Note

Pounds Turun, Franc Swiss Melonjak Setelah Kenaikan suku bunga BoE dan SNB

· Views 21

Franc Swiss melonjak pada hari Kamis setelah Swiss National Bank (SNB) menyampaikan kenaikan suku bunga yang mengejutkan, memicu lompatan harian terbesarnya terhadap euro sejak bank sentral membuang mata uangnya pada tahun 2015.

Dalam hari yang bergejolak untuk mata uang Inggris, sterling turun setelah Bank of England (BoE) menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps), mengacaukan perkiraan oleh beberapa pelaku pasar tentang kenaikan yang lebih besar untuk melawan inflasi yang melonjak.

SNB bergabung dengan bank sentral lainnya dalam memperketat kebijakan moneter dalam kenaikan suku bunga pertama dalam 15 tahun, meningkatkan suku bunga kebijakan menjadi -0,25% dari -0,75% yang telah diterapkan sejak 2015.

Franc Swiss melonjak ke tertinggi dua bulan terhadap euro dan ditetapkan untuk hari terbaiknya terhadap mata uang tunggal sejak Januari 2015. Itu 1,8% lebih tinggi terhadap euro pada 1,0200 pada 11:18 GMT.

Terhadap dolar AS, franc naik 1,4% menjadi 0,9807, di jalur untuk hari terbaiknya versus greenback dalam hampir satu bulan.

“Langkah SNB datang sebagai kejutan besar,” kata Jane Foley, kepala strategi FX, di Rabobank di London.

“Pembicaraan telah membangun bahwa SNB dapat mulai menjauh dari posisi sangat negatif pada suku bunga di bawah perlindungan ECB yang lebih hawkish, tetapi pergerakan 50 bps hari ini masih merupakan kejutan besar.”

Sebagian besar analis memperkirakan SNB akan mempertahankan suku bunga pada hari Kamis dan menandai kenaikan untuk bulan September, meskipun beberapa bank telah memperkirakan pergerakan 25 bps.

Sementara itu, sterling turun 0,8% menjadi $1,2085, tidak jauh dari level terendah dua tahun yang disentuh minggu ini, setelah BoE menaikkan biaya pinjaman untuk kelima kalinya sejak Desember dalam upaya untuk melawan inflasi meskipun ada kekhawatiran tentang perlambatan tajam di Inggris. ekonomi.

“Ekspektasi pasar sedikit lebih condong ke arah pergerakan 50bp setelah kenaikan suku bunga 75bp oleh Fed kemarin dan kenaikan 50bp oleh SNB pagi ini,” kata Francesco Pesole, ahli strategi FX di ING.

“Namun, pesan berwawasan ke depan secara luas hawkish, yang tidak menantang harga hawkish pada pengetatan BoE pada akhir tahun (enam kenaikan lagi), yang pada akhirnya membatasi penurunan GBP untuk saat ini”.

BoE mengatakan siap untuk bertindak “secara paksa” dalam menanggapi “indikasi tekanan inflasi yang lebih persisten.”

Pergerakan BoE dan SNB mengikuti kenaikan suku bunga 75 bps oleh Federal Reserve AS pada hari Rabu, sementara Bank Sentral Eropa mengisyaratkan pekan lalu akan menaikkan suku bunga pada bulan Juli.

SNB dan Bank of Japan, yang bertemu pada hari Jumat, adalah satu-satunya dua bank sentral utama dunia maju yang belum menandai suku bunga yang lebih tinggi dalam siklus pengetatan yang dimulai akhir tahun lalu.

Pedagang juga mengamati dengan cermat beberapa pembicara ECB setelah bank sentral berjanji untuk mengendalikan biaya pinjaman untuk negara-negara pinggiran zona euro setelah pertemuan darurat pada hari Rabu.

Terhadap dolar, euro turun 0,4% menjadi $ 1,0402, tidak jauh dari level terendah satu bulan yang disentuh pada hari Rabu.

Di tengah memburuknya sentimen risiko pasar, safe-haven dolar AS naik terhadap sekeranjang rekan-rekan, mendekati tertinggi 20-tahun yang disentuh sebelum Fed menaikkan biaya pinjaman pada hari Rabu terbesar sejak 1994.

Pounds Turun, Franc Swiss Melonjak Setelah Kenaikan suku bunga BoE dan SNB

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.