Note

Naik 78 Persen, Bank Mandiri Raup Laba Bersih Rp 12,1 Triliun Per April 2022

· Views 25

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa positif kinerja keuangan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berlanjut hingga awal kuartal II-2022. Ini tercermin dari laba bersih Bank Mandiri yang masih tumbuh pesat pada April 2022.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 12,1 triliun per akhir April 2022. Realisasi ini tumbuh 78,1 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Pertumbuhan laba bersih BMRI tersebut menjadi yang terbesar di jajaran bank dalam Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (KBMI) IV secara bank only.

"Pertumbuhan tersebut tentunya tidak terlepas dari konsistensi Bank Mandiri dalam menjaga optimisme dengan memaksimalkan potensi dan peluang yang ada," ujar Rohan, dalam keterangannya, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Cetak Laba Bersih Sebesar Ro 525,7 Miliar, MDKA Absen Bagikan Dividen

Menurut dia, kemampuan Bank Mandiri dalam mencetak laba juga tidak terlepas dari fungsi intermediasi yang dijaga optimal. Tercermin dari pertumbuhan kredit di akhir April 2022 yang berhasil tumbuh sebesar 12,2 persen secara yoy.

"Jauh di atas rata-rata industri," kata Rohan.

Lebih lanjut Ia bilang, pertumbuhan kredit bank pelat merah itu, juga disertai dengan kualitas aset yang terjaga optimal. Hasilnya, sampai dengan akhir kuartal I 2022 Bank Mandiri mampu menjaga rasio kredit bermasalah (NPL) di level 2,74 persen atau menurun dari periode setahun sebelumnya sebesar 3,30 persen.

Adapun oerbaikan dari sisi kualitas kredit dinilai juga sejalan dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Terlebih, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat hingga April 2022, nilai restrukturisasi kredit terdampak Covid-19 telah menuju ke angka Rp 606,39 triliun.

Posisi ini sudah jauh lebih rendah, dari level tertingginya di akhir tahun 2020 yang menyentuh Rp 1.000 triliun.

Bank dengan kode emiten BMRI itu pun mencatat tren restrukturisasi debitur terdampak Covid-19 kian melandai. Sebab, hingga akhir April 2022 posisi restrukturisasi kredit terdampak Covid-19 Bank Mandiri kini menjadi Rp 64 triliun.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.