Note

Rubel Rusia Dekati Tertinggi 3 Minggu vs Euro

· Views 38

Rubel Rusia menguat menuju level tertinggi tiga minggu terhadap euro dalam perdagangan yang bergejolak pada hari Selasa tetapi stabil terhadap dolar AS, sementara indeks saham beringsut lebih rendah karena tidak adanya pendorong dan momentum baru.

Pada 10:50 GMT, rubel naik 1,9% menjadi 58,97 terhadap euro, level terkuat sejak 25 Mei.

Terhadap dolar, rubel tidak berubah pada 56,81 mendekati puncak multi-tahun, didukung oleh kontrol modal yang diberlakukan Rusia pada akhir Februari setelah mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina.

Setelah rubel menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di dunia, pihak berwenang melonggarkan kontrol modal dan menghapus persyaratan bagi perusahaan yang berfokus pada ekspor untuk mengkonversi pendapatan mata uang asing mereka.

Keputusan bank sentral untuk memangkas suku bunga utamanya ke level sebelum krisis 9,5% minggu lalu juga akan mengurangi tekanan sisi atas pada rubel.

Penguatan rubel mengurangi pendapatan eksportir dan anggaran Rusia tetapi bermanfaat bagi importir, membuat barang dan jasa asing lebih murah. Namun, impor Rusia telah berkurang secara drastis karena sanksi barat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan rantai logistik yang terganggu.

Analis Sberbank CIB Yuri Popov mengatakan penjualan valuta asing yang lebih tinggi oleh eksportir untuk memenuhi kewajiban pajak domestik mendukung rubel pada hari Selasa.

Penghematan mata uang keras juga “mulai kehilangan daya tariknya karena bank-bank Rusia memperkenalkan biaya untuk melayani rekening dalam mata uang negara-negara ‘tidak ramah’,” tambah Popov dalam sebuah catatan penelitian.

Bursa Moskow mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka akan menangguhkan perdagangan Franc Swiss terhadap dolar AS dan rubel karena sanksi yang dikenakan Swiss terhadap Rusia mulai 10 Juni.

Indeks saham Rusia naik sedikit setelah memulai hari dengan melemah.

Indeks RTS berdenominasi dolar naik 0,2% pada 1.270,7 poin, setelah merosot 2% pada perdagangan pagi. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel naik 0,3% menjadi 2.292,5 poin.

Rubel Rusia Dekati Tertinggi 3 Minggu vs Euro

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.