Note

KB Finansia Multi Finance Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun, Cek Jadwalnya

· Views 22

JAKARTA, KOMPAS.com – PT KB Finansia Multi Finance atau Kredit Plus perusahaan pembiayaan mobil bekas, motor bekas, dan DE&A menerbitkan obligasi, melalui Penawaran Umum Obligasi I KB Finansia Multi Finance Tahun 2022 dengan nominal maksimal sebesar Rp 1 triliun.

Obligasi yang telah memperoleh peringkat AA+(idn) (Double A Plus) dari PT Fitch Ratings Indonesia tersebut akan dibagi dalam dua seri yaitu Seri A dan Seri B. Untuk Seri A, akan memiliki tenor 370 hari dan Seri B akan memiliki tenor 3 tahun.

Adapun obligasi akan ditawarkan dalam satuan pemesanan Rp 5 juta. Nantinya, suku bunga Obligasi I KB Finansia Multi Finance akan dibayarkan setiap Triwulan. Pembayaran Bunga Obligasi pertama akan dilakukan pada tanggal 22 Oktober 2022.

Baca juga: PP Presisi Bakal Terbitkan Obligasi Rp 500 Miliar, Cek Jadwalnya

Sedangkan pembayaran Bunga Obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo Obligasi masing?masing adalah pada tanggal 2 Agustus 2023 untuk Obligasi seri A dan tanggal 22 Juli 2025 untuk Obligasi seri B.

“Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Obligasi tersebut setelah dikurangi dengan biaya? biaya, dan pengeluaran?pengeluaran sehubungan dengan Emisi, seluruhnya akan digunakan Perseroan untuk penyaluran pembiayaan konsumen,” ungkap manajemen dalam siaran pers, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Waskita Karya Kantongi Rp 3,28 Triliun dari Penerbitan Obligasi dan Sukuk, untuk Apa Saja?

Untuk Obligasi I KB Finansia Multi Finance, perseroan tidak melakukan penyisihan dana (sinking fund) dengan pertimbangan untuk mengoptimalkan penggunaan dana dari hasil Penawaran Umum Obligasi sesuai dengan tujuan rencana penggunaan dana hasil Penawaran Umum Obligasi ini.

Namun, untuk menjamin pembayaran seluruh jumlah utang yang wajib dibayar oleh Perseroan kepada Pemegang Obligasi, Perseroan memberikan jaminan kepada Pemegang Obligasi, melalui Wali Amanat, berupa piutang (performing) yang merupakan bagian dari asset Perseroan.

Baca juga: BNI Bakal Terbitkan Tiga Seri Obligasi Hijau Rp 5 Triliun

Piutang (performing) yang dijaminkan merupakan piutang yang tidak terdapat keterlambatan dalam pembayaran pokok atau bunga, melewati 90 hari kalender.

Sedangkan total nilai piutang (performing) yang akan diikat dalam akta jaminan fidusia adalah sekurang-kurangnya 20 persen dari nilai pokok Obligasi pada saat Tanggal Emisi, dan selambat-lambatnya 5 bulan sejak Tanggal Emisi Obligasi menjadi sekurang-kurangnya 60 persen dari nilai pokok Obligasi.

Bertindak sebagai Wali Amanat dalam Penawaran Umum Obligasi I KB Finansia Multi Finance adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Sementara yang bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi adalah PT Korea Investment And Sekuritas Indonesia, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

Baca juga: Punya Investasi Saham hingga Obligasi? Simak Cara Lapornya di SPT Pajak

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.