Note

PLN Gelontorkan Rp24,23 Triliun buat Subsidi Tarif Listrik 2020-2021

· Views 40

Jakarta, IDN Times - PT PLN (Persero) menggelontorkan total Rp24,23 triliun untuk kebutuhan subsidi listrik bagi masyarakat selama 2020 dan 2021. Pandemik COVID-19 pada periode tersebut mengharuskan pemerintah memberikan stimulus tarif listrik bagi masyarakat.

Pada 2020, tepatnya sejak April, pemerintah menyalurkan subsidi sebesar Rp13,15 triliun kepada 33,02 juta pelanggan. Kemudian pada 2021, alokasi anggaran untuk stimulus listrik mencapai Rp11,08 triliun yang diberikan kepada 31,94 juta pelanggan.

"Stimulus tersebut bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada masyarakat," kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga: Bahlil Jelaskan Alasan Penghentian Ekspor Listrik ke Mendag Singapura

1. Rincian pelanggan yang mendapatkan stimulus tarif listrik

PLN Gelontorkan Rp24,23 Triliun buat Subsidi Tarif Listrik 2020-2021Ilustrasi PLN (Dok. PLN)

Darmawan menambahkan, semasa pandemik, pemerintah dan PLN memberikan stimulus pemakaian listrik gratis dan diskon 50 persen bagi pelanggan golongan rumah tangga dengan 450 VA, bisnis kecil 450 VA, dan industri kecil 450 VA.

"Untuk golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi juga diberikan stimulus," ujar dia.

Baca Juga: Simak, Daftar Tarif Listrik Per KWH Saat Ini!

2. PLN juga berikan pembebasan biaya beban

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 4 PR buat Pemerintah yang Ajak Elon Musk buat Investasi di RI 
  • Lengkap! Isi Tuntutan Petani Sawit ke Jokowi
  • Peternak Menanti Uluran Tangan Pemerintah Atasi Dampak Wabah PMK
PLN Gelontorkan Rp24,23 Triliun buat Subsidi Tarif Listrik 2020-2021Petugas PLN (Dok.IDNTimes/PLN)

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah bersama PLN juga memberikan pembebasan biaya beban atau abonemen dan pembebasan ketentuan rekening minimum 50 persen untuk pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

"Upaya ini menjadi bukti konkrit bahwa negara hadir untuk menjaga masyarakat. PLN juga terus meningkatkan keandalan listrik bagi masyarakat," kata Darmawan.

Baca Juga: Catat! Tarif Listrik Tidak Naik kecuali untuk Pelanggan Golongan Ini

3. Pemerintah bakal dapat suntikan tambahan subsidi dan kompensasi energi

PLN Gelontorkan Rp24,23 Triliun buat Subsidi Tarif Listrik 2020-2021Menteri Keuangan Sri Mulyani (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya diberitakan, pemerintah dan Badan Anggaran (Banggar) telah menyepakati tambahan subsidi kompensasi energi sebesar Rp350 triliun. Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pemerintah berupaya menjaga daya beli masyarakat. Oleh karenanya, pemerintah dan Banggar menyepakati kenaikan subsidi kompensasi.

"Kemarin Pak Said sudah memimpin di badan anggaran bahwa kita akan menaikkan seluruh subsidi kompensasi mencapai Rp350 triliun di atas subsidi energi sekarang yang sudah mencapai Rp154 triliun," katanya di Gedung DPR RI yang ditayangkan di YouTube, Jumat (20/5/2022).

Dengan begitu, pemerintah bisa menahan agar harga-harga energi yang dikonsumsi masyarakat tidak mengalami kenaikan.

"Karena memang pemulihan ekonomi masih dalam tahap yang sangat awal dan harus kita jaga dan daya beli masyarakat masih belum sepenuhnya pulih. Itu yang menjadi tujuan yang kita sampaikan ke DPR kemarin, sehingga kita mendapatkan kemarin persetujuan untuk menambah belanja Rp393 triliun yang untuk subsidi sendiri dan kompensasi Rp350 triliun," jelasnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.