Note

Konflik Ukraina Bikin Kelangkaan Susu Bayi di AS Makin Buruk, Kok Bisa?

· Views 19
Susu formula bayi yang terpajang di salah satu toserba di Hong Kong pada 2013. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Konflik di Ukraina memperburuk kelangkaan susu formula bayi yang tengah terjadi di Amerika Serikat saat ini. Itu lantaran minyak bunga matahari menjadi bahan utama dalam pembuatan susu tersebut. 

Wall Street Journal (WSJ), dengan mengutip data dari Departemen Pertanian AS, melaporkan pada Jumat (27/5/2022) bahwa Ukraina adalah pengekspor minyak biji bunga matahari terbesar di dunia. Minyak itu digunakan banyak produsen dalam produk susu formula bayi sebagai sumber lemak penting.

Sementara itu, blokade terhadap berbagai pelabuhan Ukraina telah membatasi ekspor minyak tersebut, demikian laporan WSJ.

Para pakar industri mengatakan, sejumlah perusahaan di Amerika saat ini tengah mencoba mencari cara alternatif untuk mendapatkan minyak bunga matahari atau menemukan resep baru dengan minyak serupa.

Pada April lalu, 1 metrik ton minyak bunga matahari dihargai lebih dari 2.200 dolar AS. Padahal, sebelum agresi militer Rusia ke Ukraina pada Februari, harganya sekitar 1.500 dolar saja, ungkap WSJ dengan mengutip data Bank Dunia.

“Itu hanya menambah biaya tambahan, kerumitan, dan dalam beberapa kasus penundaan (pengiriman minyak biji bungan matahari),” kata Direktur Penelitian pada Demographic Intelligence, Lyman Stone, yang berkonsultasi dengan produsen formula di AS.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.