Note

Jalur Tol Japek II Selatan Siap Dioperasikan Fungsional, Perhatikan Ketentuannya

· Views 25

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sudah siap untuk dilalui pemudik dan akan dioperasikan fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik maupun balik.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan yang akan dioperasikan fungsional mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer.

Corporate Communication dan Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya telah menyiapkan jalur ini dan tinggal menunggu keputusan kepolisian untuk pengoperasiannya.

Baca juga: Hari Ini Mulai Uji Coba Ganjil-Genap Jalan Tol, Cek Jadwal dan Lokasinya

"Keputusannya diskresi kepolisian tapi kita udah siap jalurnya," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Pasalnya, jalur ini hanya menjadi jalur alternatif yang akan di buka saat terjadi kepadatan lalu lintas saja.

Jalur fungsional ini menjadi alternatif pengguna jalan dari arah Bandung menuju Jakarta pada saat diberlakukannya one way oleh pihak kepolisian.

Dengan difungsikannya jalur ini akan membantu mengurangi kepadatan di SS Dawuan Kilometer 67 yang merupakan titik temu lalu lintas dari arah Bandung dan dari arah Trans Jawa yang melewati jalan Tol Jakarta-CIkampek.

"Dibuka fungsional. Hanya dipakai kalau padat. Kalau tidak padat ya kan tidak perlu," ucapnya.

Apabila sebagian jalur Tol Japek II Selatan ini difungsikan, maka para pemudik yang menggunakan mobil pribadi bisa bebas masuk pintu Tol Japek Selatan alias gratis.

Namun, pengguna tol tetap diwajibkan untuk melakukan tapping (penempelan kartu) di Gerbang Tol (GT) Sadang.

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Menhub: Macet di Gerbang Lebih dari 1 Km, Tarif Tol Digratiskan

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.