Note

Pemudik Lebaran Bisa Capai 90 Juta Lebih, Luhut Ungkap Jalur Darat Bisa "Stuck"

· Views 16

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang mudik Lebaran 2022, pemerintah telah membahas kesiapan dan antisipasi pada saat rapat kabinet. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, saat mudik lebaran tahun ini, jalur darat menjadi fokus pemerintah.

Pasalnya, jalur darat pada saat mudik Lebaran bakal mengalami kepadatan volume kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek. Sehingga pemerintah pada rapat tersebut mencari solusinya.

"Tadi kita sudah exercise dari kemarin, udara enggak ada masalah, laut tidak ada masalah, kereta api tidak ada masalah, darat (kemungkinan ada masalah). (Jalur) darat ini dari hasil simulasi kemarin, itu bisa stuck karena banyak orang yang mau mudik," ujarnya secara virtual ketika menjadi pembicara di Universitas Indonesia (UI), Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub dan Jasa Raharja

Pemerintah mengantisipasi kepadatan di jalur darat dengan menganjurkan pemudik untuk melintasi jalur alternatif arah selatan Jawa.

"Oleh karena itu, kita anjurkan ambil jalan selatan. Sekarang sudah baik jalannya. Jadi sambil piknik, bisa mengurangi (kepadatan kendaraan) jalur tengah dan utara," ujar Luhut.

"Ya itu, kita beruntung ada tol. Kalau enggak ada jalan tol dan enggak diperbaikin, kita enggak tahu apa yang terjadi. Kita kemarin rapat, siapin bensin, minyak, kesehatan, semua segala macam dan tetek bengeknya itu kita siapin untuk menghadapi mudik," sambungnya.

Luhut memperkirakan, jumlah pemudik tahun ini bisa mencapai 90 jutaan. Lantaran tahun ini, pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik, pasca 2 tahun pandemi Covid-19.

"Mobilitas keluar rumah dan belanja masyarakat meningkat dan tertinggi sejak pandemi. Kalau kita lihat cuti Lebaran ini, Insha Allah kalau berjalan dengan baik itu 85,5 juta dan mungkin angka itu bisa lebih dari 90 juta," ucap dia.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merekomendasikan lintas pantai selatan (pansela) Jawa sebagai jalur alternatif pemudik tahun ini. Selain pansela, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga merekomendasikan pemudik melewati lintas tengah Pulau Jawa.

Baca juga: Peminat Mudik Gratis 2022 Membeludak, Kemenhub Bakal Tambah Dana Rp 10 Miliar

Basuki mengatakan, Presiden Joko Widodo memerintahkan persiapan mudik Lebaran 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu mengingat antusiasme pemudik yang sangat tinggi setelah tidak bisa mudik selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

"Salah satu persiapannya adalah lintas pansela ini bisa menjadi alternatif bagi para pemudik, sehingga beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di lintas pantura dan lintas tengah Jawa," kata Basuki dalam siaran pers Minggu (10/4/2022).

Ia menambahkan, jalur pantai selatan Jawa yang dibangun sudah tembus dari Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten hingga ke Pacitan Provinsi Jawa Timur. Total panjang jalan yang sudah terhubung mencapai 1.242 kilometer (km).

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Kapan Pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek Rampung?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.