Note

HIPMI Raih Rekor MURI Pelatihan Ekonomi Digital secara Hybrid ke UMKM Terbanyak

· Views 29

Pasardana.id - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) berhasil meraih rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori Pelatihan Ekonomi Digital secara Hybrid kepada UMKM Terbanyak. Penghargaan tersebut diraih setelah HIPMI Digital Academy mengadakan acara HIPMI Digital Fest 2022 pada 30-31 Maret 2022.

Pencatatan dan Penganugerahan Rekor MURI kepada HIPMI dilakukan di Kantor Sekretariat Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI yang berlokasi di Gedung Sahid Sudirman Center, Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Penganugerahan diberikan oleh Wakil Direktur Utama MURI Osmar Semesta Susilo kepada Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming dan Ketua HIPMI Digital Academy Anthony Leong.

Mardani H. Maming mengapresiasi penganugerahan ini dan mengaku membuatnya semakin bersemangat mendorong anak muda untuk terjun menjadi pengusaha khususnya di bidang digital.

"Alhamdulillah, disini kita hadir lagi membuat rekor MURI yaitu Pelatihan Ekonomi Digital secara Hybrid kepada UMKM Terbanyak," ujar Maming, dikutip Senin (4/4/2022).

Menurutnya, di dalam hidup ada dua pilihan sebagai anak muda. Yaitu menjadi pelaku sejarah atau membuat sejarah.

"Saya sudah pernah merasakan membuat sejarah bagaimana menjadi bupati di umur 28 tahun, menjadi bupati termuda itu adalah pilihan waktu saya maju berkarier sebagai politik. Rekor MURI ini juga menjadi sejarah," ucapnya.

Melalui HIPMI Digital Fest 2022, Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu melanjutkan, pihaknya memancing anak muda untuk berani menjadi pengusaha memulai melalui digital. Baginya, digital pasti tidak lepas daripada anak muda.

"Digital juga tidak lepas daripada inovasi anak muda. Anak muda di tahun yang akan datang untuk menyambut era bonus demografi adalah peluangnya anak muda, siapa partai yang bisa mengambil suara anak muda maka dia lah partai pemenang. Siapa calon presiden ataupun wakil presiden yang bisa mengambil suara anak muda nanti pada saat pilpres, maka dia lah yang menjadi pemenang," ungkapnya.

Jangan sampai, kata Maming, anak muda sekarang hanya menjadi penonton tapi ikut terjun membangun regulasi melalui bidang politik, membuat regulasi melalui legislatif dan melaksanakan regulasi dari UU politik untuk maju di dalam eksekutif untuk menjadi bupati, gubernur, menteri, presiden dan wakil presiden. Pasalnya, tidak ada sejarah perubahan bangsa dan negara ini yang dirubah dari bukan anak muda.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua HIPMI Digital Academy Anthony Leong mengatakan, Indonesia sekarang sudah memasuki era Society 5.0. Menurutnya, ternyata pandemi Covid-19 mempercepat semuanya.

"Kita mengimplementasikan digital dan teknologi. HIPMI Digital Academy ini lahir karena kami ingin bagaimana teman-teman HIPMI berakselerasi dengan digital dan teknologi, jangan sampai anggota HIPMI mentalnya cuma pedagang, kita perlu transformasi karena era ke depan adalah era Society 5.0. Ini terus berubah," ujar Anthony.

Saat terjadi pandemi, lanjut Anthony, HIPMI menyesuaikan diri terhadap industri digital. Hal tersebut pertanda bahwasannya HIPMI menyesuaikan terhadap perkembangan zaman dan sekarang dunia metaverse sudah menjadi sebuah keniscayaan ke depan.

"Oleh karena itu, HIPMI sebagai organisasi pengusaha muda yang menjadi barometer harus mampu menerjemahkan tantangan zaman dengan cara seperti menyiapkan kader-kadernya dan itu dijawab dengan cara mengeluarkan sebuah produk yang dinamakan HIPMI Digital Fest 2022 yang tujuannya untuk mensinkronkan antara pemegang kebijakan dan pelaku kebijakan. Sehingga, ke depan Indonesia mampu menjawab tantangan bagaimana mengubah suatu negara ini menjadi era digital," ucapnya.

Anthony berharap, anggota HIPMI khususnya HIPMI Perguruan Tinggi (PT) harus menjadi cikal bakal The New Mardani H. Maming. Diharapkan pula, rekor MURI ini bukan untuk dirinya dan Ketum Mardani H Maming saja, tapi juga untuk bagian dari sejarah HIPMI.

"Kita harapkan, program-program yang baik bisa kita lanjutkan untuk melahirkan ekosistem industri digital kita ke depan," tutupnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.