Dalam menyeimbangkan risiko kenaikan inflasi jangka pendek dengan risiko penurunan pertumbuhan, bank sentral mengirimkan sinyal yang jelas dan kuat bahwa kebijakan sedang menuju normalisasi
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Asia memulai pekan ini dalam suasana berhati-hati pada Senin pagi, karena investor berpegang teguh pada harapan untuk kesepakatan damai di Ukraina, tetapi pertempuran terus berkobar tanpa tanda-tanda akan berhenti.

Menteri luar negeri Turki mengatakan pada Minggu (20/3/2022) bahwa Rusia dan Ukraina hampir mencapai kesepakatan tentang isu-isu "kritis" dan dia berharap untuk gencatan senjata.

Investor juga cemas menunggu untuk melihat apakah Rusia akan memenuhi pembayaran bunga minggu ini. Rusia harus membayar kupon 615 juta dolar AS bulan ini sementara pada tanggal 4 April obligasi 2 miliar dolar AS akan jatuh tempo.

Sebagian besar pasar saham reli minggu lalu untuk mengantisipasi kesepakatan damai di Ukraina, tetapi itu bisa membutuhkan kemajuan aktual untuk membenarkan kenaikan lebih lanjut.

Survei para fund manager global oleh BofA memiliki nada bearish dengan tingkat kas tertinggi sejak April 2020 dan ekspektasi pertumbuhan global sejak krisis keuangan 2008.

Baca juga: Kurs rubel Rusia merosot, anjlok hampir 25 persen selama 4 minggu

Posisi long minyak dan komoditas adalah perdagangan yang paling ramai, dan rentan terhadap kemunduran.

Perdagangan lesu dengan pasar Jepang libur pada Senin, meninggalkan indeks saham berjangka S&P 500 dan Nasdaq sedikit berubah. Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang juga datar.

Nikkei Jepang tutup untuk libur publik, tetapi indeks berjangka diperdagangkan sekitar 300 poin di atas penutupan reguler.

Pasar obligasi bersiap untuk bahasa yang lebih hawkish dari Federal Reserve dengan Ketua Jerome Powell berbicara pada Senin, dan setidaknya setengah lusin anggota lainnya sepanjang minggu.

Baca juga: Wall Street ditutup naik, pembicaraan Biden-Xi berakhir tanpa kejutan

Pembuat kebijakan telah menandai serangkaian kenaikan ke depan untuk membawa tingkat suku bunga ke mana saja dari 1,75 persen hingga 3,0 persen pada akhir tahun. Pasar menyiratkan peluang 50-50 untuk kenaikan setengah poin pada Mei dan peluang yang lebih besar lagi pada Juni.

"Dalam menyeimbangkan risiko kenaikan inflasi jangka pendek dengan risiko penurunan pertumbuhan, bank sentral mengirimkan sinyal yang jelas dan kuat bahwa kebijakan sedang menuju normalisasi," kata Kepala Ekonom JPMorgan, Bruce Kasman.

"Namun, pemutusan pasokan energi Rusia yang berkelanjutan akan mendorong inflasi secara substansial lebih tinggi, memperbesar tekanan yang sudah parah pada daya beli konsumen AS," dia memperingatkan, menambahkan kemungkinan akan membuat kawasan Euro ke dalam resesi.

Baca juga: Dolar menguat, dipicu The Fed sebut perlu lebih agresif atasi inflasi

"Di bawah skenario ini, normalisasi kebijakan akan terhenti di seluruh dunia."

Pasar tampaknya menyadari risiko terhadap pertumbuhan mengingat perataan yang ditandai dari kurva imbal hasil obligasi pemerintah beberapa minggu terakhir. Selisih antara imbal hasil dua tahun dan 10-tahun telah menyusut menjadi hanya 21 basis poin, terkecil sejak awal pandemi pada awal 2020.

Imbal hasil obligasi pemerintah yang lebih tinggi telah membantu mengangkat dolar AS terhadap yen, di mana bank sentral Jepang (BoJ) tetap berkomitmen untuk menjaga imbal hasil mendekati nol. Dolar naik mendekati level tertinggi sejak awal 2016 di 119,28 yen, setelah naik 1,6 persen minggu lalu.

Dolar kurang beruntung di tempat lain, sebagian karena sejarah menunjukkan mata uang cenderung menurun setelah Fed memulai kampanye pengetatan.

Euro bertahan di 1,1040 dolar pada Senin, setelah melonjak 1,3 persen minggu lalu. Indeks dolar berdiri di 98,295, dari puncaknya baru-baru ini di 99,415.

Kepala Ekonomi Internasional CBA, Joseph Capurso, mencatat survei manufaktur (PMI) dari Eropa akan menjadi rintangan bagi euro minggu ini.

Baca juga: Harga emas jatuh 13,9 dolar, terpukul harapan damai Rusia-Ukraina

"Eropa paling terkena pasokan yang lebih rendah dari, dan harga yang lebih tinggi untuk, impor gas dan pertanian dari Rusia dan Ukraina," katanya. "Penurunan PMI Zona Euro ke wilayah kontraktif dapat mendorong euro/dolar kembali lebih dekat ke level terendah perang di 1,0806 dolar lagi."

Di pasar komoditas, emas gagal mendapatkan banyak dorongan dari arus safe-haven atau kekhawatiran inflasi, turun lebih dari 3,0 persen minggu lalu. Emas terakhir di 1.919 dolar AS per ounce.

Harga minyak juga melemah pekan lalu, meskipun naik lebih tinggi pada Senin karena tidak ada penggantian yang mudah untuk barel Rusia di pasar yang ketat.

Brent terakhir dikutip 1,41 dolar AS lebih tinggi pada 109,34 dolar AS, sementara minyak mentah AS naik 1,65 dolar AS menjadi 106,35 dolar AS per barel.

Baca juga: Harga minyak naik di atas 1 persen, tertekan pasokan yang ketat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022