Note

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, Selasa 25 Januari 2022

· Views 35

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah diprediksi melemah pada perdagangan hari ini, Selasa (25/1/2022).

Pada perdagangan Senin (24/1), nilai tukar rupiah ditutup mendatar tipis 0,00 persen atau 0,50 poin ke posisi Rp14.335,00 per dolar AS. Indeks dolar AS juga terpantau menguat sebesar 0,13 persen atau 0,12 poin ke level 95,76 pada pukul 15.10 WIB.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan rupiah akan melemah terdorong oleh sentimen dari dalam maupun luar negeri.

"Mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.320 - Rp14.370 per dolar AS,” tulis Ibrahim dalam risetnya, dikutip Selasa (25/1/2022).

Menurut Ibrahim, investor terus bersiap menghadapi keputusan kebijakan terbaru Federal Reserve AS. Sementara kekhawatiran atas inflasi dan ketegangan geopolitik di Eropa Timur meningkatkan daya tarik safe-haven logam kuning.

“Secara luas [keputusan The Fed Rabu mendatang] diperkirakan akan memperketat kebijakan moneter pada kecepatan yang lebih cepat dari yang diharapkan untuk mengekang inflasi yang terus tinggi,” ungkapnya.

Selain itu, Bank of Canada juga akan menyampaikan keputusan kebijakannya di hari yang sama dengan AS.

Dari segi geopolitik, terdapat ketegangan lanjutan antara AS dan Rusia atas Ukraina. Wakil Perdana Menteri Inggris Dominic Raab pun memperingatkan pada Minggu bahwa Rusia menghadapi sanksi ekonomi yang berat jika memasang rezim boneka di Ukraina.

Sementara itu, India menjual emas dengan harga diskon selama pekan lalu, dengan kenaikan harga domestiknya yang berdampak pada permintaan dan para pedagang perhiasan melihat ke depan untuk anggaran tahunan negara tersebut untuk 2022-2023.

Kemudian dari dalam negeri, Ibrahim memprediksi kondisi perekonomian Indonesia pada 2022 semakin membaik dan menjadi momentum pemulihan. Meski begitu, masih ada beberapa tantangan dan ketidakpastian yang bisa menghambat pertumbuhan ekonomi nasional.

Ibrahim memaparkan, dampak dari berbagai dinamika Covid-19 akan menimbulkan pemulihan ekonomi yang tidak merata, inflasi, terjadi supply disruption yang kemudian menimbulkan respons policy yaitu kenaikan suku bunga, konsolidasi fiskal dan akan menimbulkan gejolak terhadap nilai tukar.

Ibrahim melanjutkan, kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia di awal tahun akan mengancam kegiatan ekonomi pada tahun ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.