Note

Saham Netflix Anjlok 20%, Gara-gara Biaya Langganan Naik?

· Views 14
Saham Netflix Anjlok 20%, Gara-gara Biaya Langganan Naik?
Foto: Unsplash/Freestocks
Jakarta

Saham layanan streaming film, Netflix merosot 20%. Penurunan ini diperkirakan karena target pertumbuhan pelanggan lebih kecil dari perkiraan analis.

Mengutip CNN, Jumat (21/1/2022), saat ini Netflix memiliki 221,8 juta pelanggan. Perusahaan memproyeksi tahun ini pelanggan akan bertambah menjadi 224,3 juta. Artinya hanya bertambah 2,5 juta, angka inilah yang disebut jauh dari perkiraan analis.

CEO Netflix Reed Hastings mengatakan, minimnya target itu karena saat ini persaingan di layanan streaming semakin ketat dan akan mempengaruhi pertumbuhan pelanggan.

Pertumbuhan pada kuartal IV-2021 juga disebut meleset dari ekspektasi analis. Pertumbuhannya hanya 8,2 juta, padahal analis memproyeksi pelanggan Netflix bisa tumbuh 8,5 juta. Rendahnya pertumbuhan pelanggan ini diyakini karena kondisi ekonomi yang tengah sulit.

Selain itu, kurangnya pertumbuhan pelanggan Netflix juga disebabkan rencana perusahaan menaikkan biaya langganan di AS dan Kanada. Di mana kedua negara itu merupakan pasar terbesar Netflix.

Biaya langganan Netflix di AS untuk paket standar naik US$ 1,50 menjadi US$ 15,49, paket dasar naik US$ 1 menjadi US$ 9,99 dan paket premium naik US$ 2 menjadi US$ 19,99.

Meski demikian, Netflix melaporkan kenaikan laba dan pendapatannya. Laba kuartal IV-2021 tercatat US$ 607 juta, naik dari US$ 542 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. Kemudian pendapatan melonjak 16%, menjadi US$ 7,7 miliar.

Penurunan saham Netflix juga memukul perusahaan streaming lainnya. Dalam perdagangan setelah jam kerja, saham Disney turun sekitar 4,5% dan Roku turun sekitar 6%.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

Nice 👍 👌

-THE END-