Note

Inflasi Inggris Melambung, Spekulasi Bunga BoE Memanas

· Views 438

Pound sterling gagal pulih seusai rilis data tenaga kerja Inggris kemarin, tetapi kembali menggeliat dalam perdagangan sesi Eropa hari ini (19/Januari). Rilis data inflasi Inggris lagi-lagi mengungguli estimasi konsensus, sehingga memperkuat ekspektasi untuk kenaikan suku bunga bank sentral Inggris (BoE) bulan depan.

Inflasi Inggris Melambung, Spekulasi Bunga BoE Memanas Grafik  GBP/USD  Daily via TradingView

Data inflasi konsumen menunjukkan pertumbuhan 5.4 persen (year-on-year) pada Desember 2021. Kenaikan tersebut lebih tinggi dibandingkan estimasi konsensus yang sebesar 5.2 persen, sekaligus lebih tinggi daripada pertumbuhan 5.1 persen pada November. Data inflasi inti juga melambung sampai 4.2 persen, jauh di atas estimasi konsensus yang sebesar 3.9 persen. Semua ini bakal meningkatkan tekanan atas BoE untuk menaikkan suku bunga lagi pada rapat kebijakan bulan Februari 2022.

BoE menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam siklus "rate hike" kali ini pada 16 Desember silam . Namun, laju inflasi Inggris yang terus meninggi telah membuat pelaku pasar memperkirakan kenaikan suku bunga lanjutan secara lebih agresif. Data pasar terkini menunjukkan proyeksi suku bunga BoE bakal naik bertahap dari 0.25 persen saat ini menjadi 1.25 persen di penghujung 2022

Apakah ekspektasi suku bunga BoE itu akan memicu reli pada pound sterling? Para analis berbeda pendapat mengenai perkara ini.

Sebagian analis menilai kurs pound sekarang sudah memperhitungkan terlalu banyak proyeksi "BoE rate hike", sehingga tersisa ruang yang minim untuk penguatan sterling ke rentang yang lebih tinggi lagi. Namun, sebagian analis lain berpendapat sterling dapat melaju lebih tinggi tahun ini, khususnya terhadap mata uang yang berprospek suku bunga lebih rendah.

ING memperkirakan BoE akan mengatrol suku bunga sebanyak 25 basis poin pada rapat MPC BoE tanggal 3 Februari 2022. Mereka juga memperkirakan EUR/GBP akan terus melaju menuju area 0.8270/80.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.