Note

EUR/USD Berjuang untuk Mempertahankan 1,1400 di Tengah Berbagai Kekhawatiran pada Liburan AS

· Views 7
  • EUR/USD mundur dari tertinggi intraday, mengkonsolidasi penurunan harian terbesar dalam dua pekan.
  • Kekhawatiran Omicron surut di Barat tetapi kekhawatiran kenaikan suku bunga Fed membebani sentimen, DXY bergerak setelah memantul dari terendah sembilan pekan.
  • Lagarde dari ECB menunjukkan kesiapan untuk mendukung stabilitas harga, pembuat kebijakan Fed menyoroti tantangan yang disebabkan oleh virus terhadap inflasi.
  • Obligasi AS, pasar ekuitas akan dimatikan karena Ulang Tahun Martin Luther King, katalis risiko akan menjadi penting untuk dorongan baru.

EUR/USD naik-turun di sekitar tinggi intraday di dekat 1,1420 di tengah sesi yang lesu selama pagi ini di Eropa.

Mata uang utama mengalami penurunan terbesar dalam dua pekan pada hari sebelumnya di tengah kenaikan luas Dolar AS tetapi hari libur perbankan di AS dan kekhawatiran beragam tampaknya menantang penjual pasangan setelahnya. Yang juga menguji pedagang EUR/USD adalah kurangnya data/peristiwa utama.

Indeks Dolar AS (DXY) gagal memperpanjang putaran balik hari sebelumnya dari level terendah sejak 10 November, turun intraday 0,02% untuk menyentuh posisi terendah baru harian di 95,14 pada saat berita ini dimuat. Pengukur Greenback menyambut petunjuk kenaikan suku bunga yang lebih cepat, terutama karena dampak negatif yang disebabkan oleh virus terhadap inflasi, pada hari Jumat.

Di antara pendukung utama kenaikan suku bunga Fed adalah Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco Mary Daly dan Presiden Fed New York John Williams. Patut diperhatikan bahwa Penjualan Ritel AS untuk bulan Desember mencetak angka -1,9% MoM versus 0,0% yang diharapkan dan +0,2% sebelumnya. Selanjutnya, Indeks Sentimen Konsumen Michigan untuk Januari juga turun ke 68,8 versus 70 prakiraan dan 70,6 pembacaan sebelumnya. Rinciannya juga menunjukkan bahwa inflasi tertinggi dalam 40 tahun membebani perilaku konsumen.

Di sisi lain, Presiden ECB Christine Lagarde menegaskan kembali kesiapan bank sentral regional untuk menjaga harga tetap stabil. Namun, komentar seperti, "akomodasi moneter masih diperlukan agar inflasi tetap pada target 2,0% dalam jangka menengah," tampaknya sekali lagi membuat The Fed di atas angin selama pertarungan ECB vs The Fed.

Dengan latar belakang ini, saham berjangka di AS dan Eropa tetap tertekan sementara perdagangan ekuitas Asia-Pasifik beragam.

Imbal hasil Bund Jerman akan diawasi untuk arah yang lebih jelas di tengah kurangnya data/peristiwa utama. Mengingat imbal hasil bund yang lebih kuat, harga EUR/USD mungkin tetap tertekan tetapi katalis risiko juga penting untuk diperhatikan untuk dorongan baru. Baru-baru ini, jumlah virus telah mereda dari rekor tertinggi mereka di AS, Inggris dan Eropa, yang pada gilirannya menjinakkan ketakutan Omicron dan meletakkan dasar di bawah harga pasangan. Meskipun tidak ada kejelasan yang diberikan ke arah itu dan karenanya prospek jangka pendek pasangan ini tetap lamban menjelang pertemuan Fed di pekan depan.

Analisis teknis

EUR/USD berbalik arah setelah naik ke level tertinggi sejak 11 November di hari sebelumnya. Pergerakan turun dapat dikaitkan dengan formasi candlestick Doji hari Kamis di bawah EMA 100-hari, serta mundurnya RSI.

Akibatnya, penurunan terbaru pasangan EUR/USD kemungkinan akan berlanjut menuju konvergensi EMA 50-hari dan garis resistensi yang berubah menjadi support mulai 3 September, di sekitar 1,1380. Juga meningkatkan kekuatan support 1,1380 adalah beberapa puncak yang ditandai sejak 16 November.

Atau, level EMA 100-hari di 1,1483 dan level acuan 1,1500 menjaga rebound jangka pendek pasangan EUR/USD.

Level Teknis EUR/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 1.142
Perubahan harian hari ini 5
Perubahan harian hari ini % 0.04
Pembukaan harian hari ini 1.1415
 
Tren
SMA 20 Harian 1.134
SMA 50 Harian 1.1333
SMA 100 Harian 1.1506
SMA 200 Harian 1.1731
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 1.1483
Rendah Harian Sebelumnya 1.1399
Tinggi Mingguan Sebelumnya 1.1483
Rendah Mingguan Sebelumnya 1.1285
Tinggi Bulanan Sebelumnya 1.1386
Rendah Bulanan Sebelumnya 1.1222
Fibonacci Harian 38,2% 1.1431
Fibonacci Harian 61,8% 1.1451
Pivot Point Harian S1 1.1381
Pivot Point Harian S2 1.1348
Pivot Point Harian S3 1.1297
Pivot Point Harian R1 1.1466
Pivot Point Harian R2 1.1516
Pivot Point Harian R3 1.155

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.