Note

Rupiah Dibuka Melemah, Ikuti IHSG

· Views 18

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah pada perdagangan Jumat (14/1/2022) terpantau melemah di hadapan dolar AS, dibayangi oleh penambahan kasus Omicron yang membayangi pasar.

Mengutip data Bloomberg, Jumat (14/1/2022), rupiah melemah 15 poin atau 0,10 persen ke Rp14.309, setelah hari sebelumnya ditutup menguat di Rp14.294. Sementara itu, indeks dolar AS juga tercatat melemah tipis 0,02 persen ke 94,77.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menyebutkan seharusnya rupiah bisa menguat karena fundamental dalam negeri cukup bagus, terutama karena tax amnesty tahap kedua yang sampai 10 Januari sudah dapat Rp1,39 triliun.

Selain itu, data konsumen dan inflasi yang sudah diintervensi Bank Indonesia mengindikasikan fundamenta ekonomi Indonesia yang cukup bagus sehingga rupiah sempat menguat.

“Tetapi adanya informasi terkait Omicron yang terus menyebar, bahkan pemerintah di sini juga mengatakan akan terjadi lonjakan kasus Omicron pada Februari akan mencapai titik tertinggi sampai 60.000 dicerna negatif oleh pasar,” jelasnya dalam riset, Kamis (13/1/2022).

Dari sisi eksternal, dolar AS melemah lantaran Bank Sentral AS mengatakan inflasi hanya sementara. Ini menjadi indikasi bahwa Bank Sentral AS tidak akan membahas kenaikan suku bunga, dan hanya menjadi bahan perbincangan di negara bagian, yang memberikan testimony.

“Kita juga harus tahu bahwa presiden bank sentral negara bagian tidak punya hak suara tapi punya hak bicara. Ini dimanfaatkan spekulator dengan menyebutkan bahwa tapering segera dilakukan. Tapi pemerintah AS sendiri masih berhati-hati karena Omicron cukup tinggi dan banyak yang tidak mau divaksin,” paparnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.