Note

Champ Resto Incar Rp 633 M dari IPO, Separuh buat Bayar Utang

· Views 15
Champ Resto Incar Rp 633 M dari IPO, Separuh buat Bayar Utang
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta

PT Champ Resto Indonesia akan melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Target dana yang dihimpun dari pasar modal senilai Rp 633 miliar.

Pemilik restoran Gokana Ramen & Teppan dan BMK Baso Malang Karapitan ini menetapkan harga penawaran Rp 800-950 per lembar saham.

"Target dana di IPO ini adalah sebanyak-banyaknya 633 miliar ya. Terdiri dari 211 miliar saham baru dan 422 miliar saham lama," kata Direktur Utama Champ, Ali Gunawan Budiman dalam paparan publik, Kamis (13/1/2022).

Champ akan melepas sebanyak-banyaknya 666.666.000 saham yang setara 30% dari modal ditempatkan dan disetor penuh, terdiri dari sebanyak-banyaknya 222.222.000 saham baru dan sebanyak-banyaknya 444.444.000 saham lama.

Mayoritas dana dari saham baru hasil IPO atau sekitar 44% akan digunakan untuk membayar utang kepada kreditur bank dan pemegang saham. Sedangkan sekitar 14% digunakan untuk belanja modal berupa renovasi baik untuk outlet baru dan eksisting serta meningkatkan dapur utama, dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja untuk mendukung kegiatan usaha.

"Rencana penggunaan dana hasil penawaran umum itu adalah sekitar 22% digunakan untuk membayar utang perseroan kepada Bank CIMB, sekitar 22% lagi digunakan untuk melunasi utang pemegang saham, sekitar 14% akan digunakan untuk belanja modal, dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan," jelasnya.

Direktur Investment Banking PT UOB Kay Hian Sekuritas, Ronald Lohanata selaku pihak penjamin pelaksana emisi efek menjelaskan berdasarkan prospektus awal, pencatatan saham Champ di BEI rencananya akan dilakukan pada 7 Februari 2022.

Masa penawaran awal atau bookbuilding akan dilakukan pada 12-20 Januari 2022, masa penawaran umum perdana saham pada 31 Januari 2022 - 3 Februari 2022, dan distribusi secara elektronik pada 4 Februari 2022.

"Semua jadwal ini masih fleksibel dan berpotensi berubah sesuai dengan ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan," tambah Ronald.

(toy/eds)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.