Note

Diskusi Larangan Ekspor Batu Bara Alot, Dilanjut Hari Ini

· Views 24
Pemerintah belum mengambil keputusan final soal kelanjutan larangan ekspor batu bara yang diberlakukan sejak 1 Januari 2022. Diskusi dilanjut hari ini. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah belum mengambil keputusan final soal kelanjutan larangan ekspor batu bara yang diberlakukan sejak 1 Januari 2022. Sampai saat ini pembahasan masih dilakukan oleh berbagai pihak yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menuturkan, pembahasan atas larangan ekspor batu bara masih akan dilanjutkan malam ini dan belum menghasilkan keputusan final. 

“Untuk hasilnya belum, rapat lanjutanya tidak jadi kemarin. Jadinya pembahasan rapat (soal keputusan lanjutan ekspor batu bara) masih akan dilakukan dan dilanjutkan pada malam ini,” ujar Jodi saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Minggu (9/1/2022).

Jodi menambahkan, masih terdapat sejumlah hal yang akan dibahas terkait larangan ekspor batu bara, di mana finalisasi dan penyempurnaan keputusan bersama pemangku kebijakan. 

“Kemarin kan masih ada perdebatan, dimatangkan terlebih dulu kebijakan supaya tidak salah. Pembahasan terus berlanjut,” kata dia.

Sebagai catatan, sejumlah pemangku kebijakan mulai dari Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Kemenko Perekonomian, PT PLN (Persero) dan Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) ikut hadir dalam rapat koordinasi ini.

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengaku seluruh masalah terkait ekspor batu bara akan segera diselesaikan oleh pemerintah dengan baik dengan saling bekerja sama dengan stake holders. 

“Iya Semua besok pokonya yang penting kita akan selesaikan dengan baik-baik kita akan tuntaskan semua,” ujar Menko Luhut di Kemenko Marves, Jumat (7/1/2022).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.