Note

Pasokan Segera Bertambah, Arab Saudi Pangkas Harga Minyak

· Views 28

Bisnis.com, JAKARTA – Arab Saudi memangkas harga beli minyak untuk wilayah Asia seiring dengan penambahan pasokan dari OPEC+ diyakini dapat melonggarkan pasar di tengah penyebaran virus corona yang meluas.

Dilansir dari Bloomberg pada Kamis (6/1/2022), produsen minyak terbesar di dunia, Saudi Aramco, mengurangi harga minyak kontrak Februari yang akan dikirim ke wilayah Asia sebesar US$1,10 menjadi US$2,20 per barel.

Penurunan harga ini berada dibawah ekspektasi pasar yang memprediksi Arab Saudi akan memangkas harga minyaknya hingga US$1,25.

Arab Saudi merupakan salah satu eksportir minyak terbesar di wilayah Asia. Lebih dari 60 persen dari hasil produksi Arab Saudi dikirimkan ke wilayah tersebut dengan China, Jepang, Korea Selatan, dan India sebagai pembeli terbesar.

Adapun, pada Selasa lalu, OPEC+ memutuskan untuk menambah produksi minyak mentah untuk bulan Februari mendatang sebesar 400.000 barel per hari. OPEC+ juga memperkirakan pasar akan berbalik ke posisi oversupply dari bulan Januari.

Harga minyak jenis Brent sejauh ini stabil diperdagangkan pada kisaran US$80 per barel di tengah kekhawatiran pasar terhadap penyebaran varian Omicron. Varian baru virus corona tersebut dikhawatirkan dapat memicu lockdown dan pembatasan perjalanan.

Meski demikian, OPEC+ tetap waspada dan masih menyimpan opsi untuk menghentikan penambahan output apabila permintaan pasar kembali menurun atau adanya cadangan minyak berlebih.

Harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Februari 2022 sejauh ini terpantau turun 0,37 persen pada level US$77,56 per barel. Sementara, harga minyak jenis Brent terkoreksi 0,43 persen di level US$80,45 per barel.

Pada tahun 2021 lalu, harga minyak mentah menguat lebih dari 50 persen seiring pemulihan permintaan dari pandemi virus corona dan upaya pengetatan pasokan dari OPEC+ yang mengurangi output.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

🤝

-THE END-