Note

Obligasi AS Merosot Tajam, Harga Emas Dunia Terangkat Naik

· Views 14
Obligasi AS Merosot Tajam, Harga Emas Dunia Terangkat Naik
Ilustrasi emas batang dan uang Dolar AS [Shutterstock]

Suara.com - Harga emas dunia menguat pada perdagangan hari Kamis dengan menghentikan kerugian pada hari sebelumnya. Kenaikan ini dipicu merosotnya imbal hasil obligasi AS.

Mengutip CNBC, Jumat (31/12/2021) harga emas di pasar spot naik 0,5 persen menjadi USD1.813,16 per ounce, sementara emas berjangka Amerika Serikat ditutup meningkat 0,5 persen menjadi USD1.814,10 per ounce.

"Kita berada dalam pola perdagangan liburan dengan volume yang sangat rendah. Saya pikir emas nyaman di sekitar USD1.800," kata Phillip Streible, analis Blue Line Futures di Chicago.

Harga emas dapat menemukan lebih banyak arah dengan volume yang diperkirakan meningkat hingga minggu depan, Streible menambahkan.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini 30 Desember 2021

Imbal hasil US Treasury 10-tahun turun dari level tertinggi satu bulan dengan tak adanyna katalis utama untuk mendorong arah pasar dan banyak pedagang keluar sebelum liburan Tahun Baru.

Harga emas anjlok sekitar 5 persen sepanjang tahun ini dan berada di jalur penurunan terbesar sejak 2015, karena ekonomi pulih dari dampak pandemi, mengurangi permintaan logam kuning.

Harga menyentuh level tertinggi satu bulan, Selasa, tetapi merosot ke level terendah satu minggu di sesi berikutnya.

Sementara itu yang membatasi kenaikan emas adalah saham Wall Street rebound didorong selera risiko karena penurunan klaim pengangguran mingguan.

Logam lainnya perak di pasar spot naik 0,8 persen menjadi USD22,98 per ounce, platinum turun 0,6 persen menjadi USD961,94 per ounce dan paladium menguat 0,1 persen menjadi USD1.984,31 per ounce. 

Baca Juga: Naik Rp 1.000, Simak Harga Emas Antam di Hari-hari Terakhir 2021

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.