Note

Ikuti IHSG, Rupiah Dibuka Menguat Jelang Tutup Tahun

· Views 10


Bisnis.com, JAKARTA — Nilai tukar rupiah dibuka menguat pada perdagangan Kamis (30/12/2021) di hadapan dolar AS setelah hari sebelumnya sempat melemah.

Berdasarkan data Bloomberg, Kamis (30/12/2021) rupiah menguat 15 poin atau 0,11 persen ke Rp14.241 per dolar AS. Seiring dengan pelemahan indeks dolar AS 0,04 persen ke 95,89.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan bahwa pelemahan dolar AS disebabkan perdagangan yang menipis karena liburan. Dengan banyak pedagang yang mengambil cuti untuk Natal atau akhir tahun, para analis mengatakan sulit untuk membaca pergerakan.

"Beberapa investor memperingatkan bahwa masih sulit untuk membaca arah nyata dolar dari pergerakannya baru-baru ini karena banyak pedagang yang libur untuk liburan," tulisnya dalam riset, Rabu (29/12/2021).

Seminggu sebelum dan satu setelah Natal adalah periode volatilitas rendah untuk sebagian besar kelas aset termasuk mata uang asing (forex).

Tahun ini beberapa kecenderungan musiman akan bercampur dengan varian Omicron yang mengancam akan memaksa pembatasan baru dan pasar masih memproses sepekan penuh dengan keputusan bank sentral utama.

Selain itu, The Fed secara luas diperkirakan akan mulai menaikkan suku bunga sebelum beberapa bank sentral utama lainnya seperti Bank Sentral Eropa, dan ini telah membantu indeks dolar untuk mencapai tahun terbaiknya pada tahun 2021 sejak 2015.

Investor juga mencermati dampak varian omicron Covid-19 dengan optimisme varian baru tersebut tidak akan terlalu mengganggu pemulihan ekonomi global.

Dari sisi internal, pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui eksekusi anggaran kementerian/lembaga (K/L) memang sempat terhambat saat Covid-19 varian Delta merebak pada pertengahan tahun 2021. Hal tersebut menyebabkan penyerapan belanja negara menjadi lesu, sementara belanja bantuan sosial dan kesehatan meningkat.

Untuk perdagangan hari ini, mata uang rupiah diperkirakan bergerak berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp14.230 - Rp14.270 per dolar AS.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.