Note

Maskapai AS Batalkan Ribuan Penerbangan, Harga Minyak Lesu

· Views 38

Seputarforex - Harga minyak mentah melemah tipis pada perdagangan awal pekan (27/Desember) setelah maskapai penerbangan AS membatalkan ribuan jadwal penerbangan selama liburan Natal. Harga minyak WTI (West Texas Intermediate) saat ini berada pada kisaran $73.10 per barel atau melemah lebih dari 1 persen dari harga Open harian. Sementara itu, minyak Brent diperdagangkan pada level 75.81 persen.

Maskapai AS Batalkan Ribuan Penerbangan, Harga Minyak Lesu

Selama tiga hari terakhir, maskapai AS terpaksa membatalkan jadwal penerbangan karena kekurangan staf. Para pegawai di industri penerbangan lebih memilih untuk menghabiskan waktu liburan Natal di tengah bayang-bayang lonjakan kasus Omicron baru-baru ini. Harga minyak cukup terpukul karena pembatalan penerbangan mengakibatkan turunnya permintaan bahan bakar.

 

Meskipun demikian, kondisi ini diperkirakan hanya berlangsung sementara. Analis yakin jika harga minyak berpeluang bisa kembali naik dalam beberapa hari ke depan. Pasalnya, OPEC+ akan kembali menggelar pertemuan pada 4 Januari mendatang untuk membahas penambahan output sebesar 400 ribu barel per hari (bph) pada bulan Februari 2022. Pertemuan OPEC+ kali ini menjadi sorotan karena berlangsung di tengah ancaman varian Omicron yang telah menyebar secara global.

Rusia yang merupakan mitra utama OPEC percaya bahwa kebijakan produksi tidak akan berubah secara signifikan. Wakil PM Rusia, Alexander Novak, mengatakan bahwa ia memperkirakan permintaan bahan bakar akan pulih seperti kondisi pra-COVID pada akhir 2022, sehingga tidak ada alasan bagi OPEC untuk melakukan banyak perubahan kebijakan produksi dalam waktu dekat.

Lebih jauh, Rusia juga menyinggung fenomena lonjakan harga gas alam di Eropa pada musim dingin tahun ini. Novak mengungkapkan bahwa Uni Eropa hanya dapat menyalahkan kebijakannya sendiri atas kenaikan tajam gas alam yang mencapai rekor tertinggi. Menurutnya, beberapa negara anggota Uni Eropa menjual kembali gas dengan harga yang lebih mahal meski gas tersebut dibeli dari Rusia dengan harga murah.

Maskapai AS Batalkan Ribuan Penerbangan, Harga Minyak Lesu

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.