Note

AUD/USD Tetap Defensif di Sekitar 0,7100 Setelah Risalah RBA, Kekhawatiran Omicron

· Views 31
  • AUD/USD meraih terendah baru intraday setelah Risalah RBA, AS melaporkan kematian pertama terkait Omicron.
  • Risalah RBA mempertahankan harapan rebound ekonomi sembari juga mengutip kekhawatiran virus.
  • AS melaporkan kematian pertama terkait Omicron, WHO, CDC memperingatkan varian virus.
  • Kurangnya data/peristiwa penting mendukung katalis risiko sebagai kunci untuk arah baru.

AUD/USD menyenggol ambang 0,7100 sembari meraih terendah baru intraday setelah rilis Risalah Pertemuan Kebijakan Moneter terbaru Reserve Bank of Australia (RBA) di Selasa pagi. Pasangan dolar Australia kesulitan untuk membenarkan sentimen risk-off saat ekuitas mengkonsolidasikan penurunan baru-baru ini dan kekhawatiran Omicron meningkat.

Dalam Risalah RBA terbaru, “Bank sentral Australia optimis penyebaran varian Omicron tidak akan menggagalkan pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung, memberikan opsi untuk mengakhiri pelonggaran kuantitatif lebih awal jika data aktivitas tetap optimis, seperti dilansir Reuters. Berita itu menambahkan, “Risalah pertemuan kebijakan Reserve Bank of Australia (RBA) 7 Desember menunjukkan dewan tetap berkomitmen untuk mempertahankan suku bunga di super-rendah 0,1% tetapi sedang mempertimbangkan bagaimana dan kapan mengakhiri A$4 miliar ( $2,84 miliar) dalam pembelian obligasi mingguan.”

Di tempat lain, AS melaporkan kematian pertama terkait varian covid Afrika Selatan, dijuluki sebagai Omicron, di Texas. Menjelang berita, Pengendalian dan Pencegahan Penyakit/Disease Control and Prevention (CDC) AS mengatakan, seperti dilansir Reuters, "Omicron sekarang adalah varian virus corona paling umum di AS, terhitung hampir tiga perempat kasus COVID-19."

Pada baris yang sama adalah Organisasi Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO) dan Imperial College of London. WHO mengatakan, "Varian Omicron virus corona menyebar lebih cepat daripada varian Delta dan menyebabkan infeksi pada orang yang sudah divaksinasi atau yang telah pulih dari penyakit COVID-19." Pada baris yang sama, Ilmuwan Inggris menyebutkan, “Infeksi yang disebabkan oleh varian Omicron virus corona tidak tampak tidak terlalu parah daripada infeksi dari Delta.”

Menambah katalis risk-off adalah pergumulan AS-Tiongkok dan kekhawatiran kenaikan suku bunga The Fed. Pada hari Senin, menteri luar negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan, seperti dilansir Reuters, "Jika ada konfrontasi, maka (Tiongkok) tidak akan takut, dan akan berjuang sampai akhir." Wang Yi menambahkan, "Tidak ada salahnya dalam persaingan tetapi harus 'positif'". Di baris yang sama adalah kekhawatiran kenaikan suku bunga The Fed, didukung oleh anggota Dewan Gubernur The Fed Christopher Waller

Perlu dicatat bahwa optimisme yang hati-hati oleh Presiden AS Joe Biden dan Ketua DPR Nancy Pelosi meskipun ada penolakan dari Senator Joe Manchin untuk memberi suara mendukung Build Back Better (BBB) ​​tampaknya telah mendukung saham berjangka AS dan saham Asia-Pasifik untuk memulihkan diri.

Namun demikian, imbal hasil obligasi Pemerintah AS membukukan kenaikan 2,3 basis poin (bps) ke 1,42% setelah turun ke terendah bulanan pada hari sebelumnya, saat ini tidak berubah.

Selanjutnya, pedagang AUD/USD harus memperhatikan katalis kualitatif di tengah kurangnya data/peristiwa penting dalam kalender ekonomi dan suasana liburan akhir tahun.

Analisis teknis

Penembusan jelas sisi bawah garis support dua minggu, sekarang menjadi resistance di sekitar 0,7155, ditambah dengan RSI stabil akan membuat penjual AUD/USD tetap berharap. Namun demikian, penjual jangka pendek mengincar support horizontal bulanan di dekat 0,7060-55 sebelum menantang terendah tahunan di sekitar 0,6995.

Sebaliknya, pullback korektif membutuhkan validasi dari level MA 10-hari di sekitar 0,7150 untuk menantang puncak bulanan 0,7225.

level-level teknis AUD/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 0.7108
Perubahan harian hari ini -0.0001
Perubahan harian hari ini % -0.01
Pembukaan harian hari ini 0.7109
 
Tren
SMA 20 Harian 0.7134
SMA 50 Harian 0.7295
SMA 100 Harian 0.7301
SMA 200 Harian 0.7466
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 0.7138
Rendah Harian Sebelumnya 0.7081
Tinggi Mingguan Sebelumnya 0.7225
Rendah Mingguan Sebelumnya 0.709
Tinggi Bulanan Sebelumnya 0.7537
Rendah Bulanan Sebelumnya 0.7063
Fibonacci Harian 38,2% 0.7103
Fibonacci Harian 61,8% 0.7116
Pivot Point Harian S1 0.7081
Pivot Point Harian S2 0.7053
Pivot Point Harian S3 0.7025
Pivot Point Harian R1 0.7138
Pivot Point Harian R2 0.7166
Pivot Point Harian R3 0.7194

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.