Note

Digempur Kebijakan The Fed Tahun 2022, Emas Masih Menarik untuk Investasi

· Views 47

Bisnis.com, JAKARTA –  Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve bakal melancarkan sejumlah kebijakan, mulai akhir tahun ini dan juga tahun depan, yang umumnya bakal memengaruhi harga emas. Namun, diperkirakan emas masih menjadi komoditas yang menarik untuk jadi sarana investasi.

Tim Research and Development ICDX Nikolas Prasetia mengatakan untuk tahun depan, pasar berjangka komoditas emas sedikit banyak akan terpengaruh oleh beberapa sentimen. Di antaranya adalah isu tapering AS yang biasanya diantisipasi oleh para pelaku pasar akan memberikan tekanan pada harga emas.

Selain itu, ada perbaikan ekonomi global pascaserangan Covid-19 sejak tahun 2020 lalu yang biasanya akan membuat aset-aset yang lebih berisiko bersinar lebih terang dibandingkan aset emas.

“Dengan kondisi dan isu tersebut,pergerakan harga emas dapat bergerak lebih fluktuatif namun lebih stabil karena isu-isu tersebut yang telah diharapkan oleh pasar terjadi pada 2022 nanti,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (20/12/2021).

Sebagai aset untuk lindung nilai, ICDX menilai melihat adanya kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga 2-3 kali. Untuk 2022, emas masih terlihat akan terus menarik.

“Ini karena sifat emas yang merupakan aset berisiko kecil dan juga sebagai alternatif investasi. Pada dasarnya untuk tahun 2022, harapan pasar terhadap The Fed terlihat cukup tinggi, dengan penyelesaian stimulus akan berjalan lebih cepat ditambah dengan perubahan suku bunga hingga 3 kali sampai akhir tahun 2022,” jelasnya.

Dengan kenaikan suku bunga ini, biasanya akan membuat obligasi menjadi menarik karena memberikan kupon yang lebih baik dibandingkan emas.

Dengan demikian, untuk aset emas, pergerakan harganya akan menjadi lebih menarik baik bagi para pencari harga emas murah maupun bagi para pelaku pasar yang memanfaatkan fluktuasi harga.

Untuk 2022, ICDX memperkirakan rentang perdagangan harga emas global dapat berada di kisaran fluktuasi US$1.750- US$1.850 per troy ons untuk sepanjang tahun 2022. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.