Note

Bijih Besi Dalian Melonjak 5,0% di Balik Optimisme yang Hati-Hati, Berita Tiongkok

· Views 30
  • Bijih besi Dalian mematahkan tren menurun dua harinya, harga spot menyusut.
  • Tiongkok menjamin stabilitas ekonomi selama Konferensi Kerja Ekonomi Pusat.
  • Informasi terbaru Omicron yang bertentangan dengan data inflasi AS akan menantang pedagang komoditas.
  • AUD/USD sulit terhibur oleh kenaikan barang ekspor utama di tengah imbal hasil yang lebih kuat.

Bijih besi futures untuk pengiriman Mei 2021 naik melewati 5,0% ke 671 yuan ($105,46) per ton selama Senin pagi di Eropa. Dengan begitu, bahan utama pembuatan baja menandai lompatan harian pertama dalam tiga hari saat melihat petunjuk dari Tiongkok.

Selama Konferensi Kerja Ekonomi Pusat 2021, para pejabat Tiongkok menunjukkan kesiapan untuk menggunakan alat-alat kebijakan moneter dan fiskal untuk menstabilkan ekonomi terbesar kedua di dunia pada tahun 2022. Mengingat status negara naga sebagai pengguna komoditas terbesar di dunia, kesiapannya untuk belanja lebih banyak pada akhirnya membantu harga besi.

Namun perlu dicatat bahwa harga spot tidak terlalu terkesan karena Reuters mengutip konsultan SteelHome yang mengatakan, “Harga spot bijih besi, dengan kandungan besi 62% untuk pengiriman ke Tiongkok, turun $1 menjadi $108 per ton pada hari Jumat.”

Alasannya dapat dikaitkan dengan sentimen pasar yang hati-hati menjelang pertemuan kebijakan moneter utama Federal Reserve (Fed) AS minggu ini.

Meskipun demikian, sentimen pasar tetap terbagi karena data yang berpusat pada konsumen pada hari Jumat mendukung pembeli tetapi informasi terbaru Omicron membuat kekhawatiran penghentian pasokan dan inflasi bergerak cepat tetap ada, mendukung kebutuhan kebijakan moneter yang lebih ketat.

Patut diperhatikan bahwa bijih besi adalah barang ekspor terbesar Australia dan pergerakan harga apa pun idealnya akan mempengaruhi AUD/USD. Akibatnya, pasangan dolar Australia membalikkan penurunan awal Asia dan melompat kembali ke rintangan sisi atas 0,7190.

Baca: Analisis Harga AUD/USD: Dalam sedikit Tawaran Jual di Bawah Rintangan Naik 0,7190

Selanjutnya, pedagang komoditas harus memperhatikan informasi terbaru terkait virus dan berita Tiongkok untuk mencari petunjuk sekunder sebelum pertemuan The Fed. Dalam kasus di mana anggota FOMC mengutip ketakutan Omicron dan mengecewakan pasar, dengan tidak mengumumkan tapering yang lebih cepat, keranjang komoditas akan kembali mengalami beberapa hari yang baik.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.