Note

Harga Emas Turun Akibat Kenaikan Minat Risiko

· Views 33

Seputarforex - Harga emas turun tipis akibat meningkatnya minat risiko dan penguatan Dolar AS di sesi perdagangan Senin (06/Desember) malam ini, mencegah kenaikan harga emas lebih lanjut. Grafik XAU/USD berikut ini menunjukkan penurunan 0.26% ke $1,778.16, dari kenaikan 0.81% hari Jumat lalu setelah NPF AS dilaporkan melempem.

Harga Emas Turun Akibat Kenaikan Minat Risiko

Harga emas spot turun 0.4% ke $$1,776.30 per ounce pada pukul 12:42 GMT. Sedangkan harga emas futures di Comex New York juga tergelincir 0.3% ke $1,779.10.

Dolar AS menguat karena pasar mengincar fungsi safe haven dari mata uang tersebut, di tengah ketidakpastian dampak dari varian Omicron yang kini telah menyebar di 15 negara bagian AS. Indeks Dolar AS yang naik sekitar 0.1%, membuat biaya kepemilikan emas terasa lebih mahal bagi pembeli dengan mata uang selain USD.

Tak hanya Dolar AS, ekuitas dan yield obligasi pun masih melanjutkan rebound sejak pekan lalu, membuat emas sulit mendapat tambahan pembeli. Pasalnya, infeksi varian Omicron ini diperkirakan tak akan menggoyahkan The Fed dari rencana percepatan tapering obligasinya.

 

Selanjutnya, pasar akan mengamati laporan CPI AS pekan ini, dengan harapan mendapatkan petunjuk lebih lanjut tentang kemantapan strategi The Fed. Data CPI AS yang lebih rendah daripada ekspektasi, diperkirakan akan mengurangi ekspektasi terhadap kenaikan suku bunga The Fed tahun depan. Hal itu dapat menjadi celah bagi emas untuk mendulang permintaan selain dari pelemahan pasar saham.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.