Note

NFP Melempem, Giliran Omicron Dongkrak Pamor Dolar AS

· Views 2,253

Indeks dolar AS (DXY) merangkak naik ke kisaran 96.30-an pada perdagangan awal pekan ini (6/Desember), meskipun pergerakannya masih terbatas dalam rentang yang terbentuk pekan lalu. Pada hari Jumat lalu, Greenback tak terpukul oleh rilis data Non-farm Payroll yang mengecewakan. Mata uang cadangan devisa global ini terus tertopang oleh ekspektasi kebijakan The Fed yang lebih hawkish serta peningkatan minat beli safe haven di tengah badai Omicron.

NFP Melempem, Giliran Omicron Dongkrak Pamor Dolar AS

Data Non-farm Payroll menunjukkan kenaikan sebanyak 210k saja pada periode November 2021, alias kurang dari setengah ekspektasi pasar yang dipatok pada 550k. Untungnya, tingkat pengangguran AS dalam periode tersebut menunjukkan penurunan signifikan dari 4.6 persen menjadi 4.2 persen.

Simpulan mixed dari publikasi data-data ketenagakerjaan tersebut mendorong perhatian pasar beralih kembali ke pendapat para pejabat The Fed. Secara khusus, dolar AS tertopang oleh testimoni Ketua The Fed Jerome "Jay" Powell di hadapan Kongres beberapa hari sebelumnya. Powell menyatakan bahwa Omicron akan membuat masa inflasi tinggi berlangsung lebih lama daripada prakiraan sebelumnya, dan bank sentral perlu memperhitungkan hal itu dalam penyusunan kebijakan berikutnya.

Prospek inflasi tinggi yang lebih lama mengisyaratkan prospek kebijakan The Fed yang bersifat hawkish. Bagi pelaku pasar, hal itu dapat diterjemahkan menjadi percepatan tapering dan kenaikan suku bunga The Fed yang berpotensi memperkuat kurs dolar AS.

Sementara itu, pasar lagi-lagi mulai mengincar fungsi "safe haven" yang dimiliki oleh dolar AS. Pfizer-BioNTech kemungkinan baru akan merilis hasil risetnya tentang varian Omicron pada pertengahan atau akhir pekan ini (tidak ada jadwal tertentu), sehingga tercipta ketidakpastian yang cenderung menguntungkan bagi safe haven walaupun mata uang-mata uang high risk hari ini berupaya rebound .

CDC AS telah menemukan kasus COVID-19 varian Omicron di sedikitnya 15 negara bagian AS, yakni California, Colorado, Connecticut, Hawaii, Maryland, Massachusetts, Minnesota, Missouri, Nebraska, New Jersey, New York, Pennsylvania, Utah, Washington dan Wisconsin. Tapi sebagian pakar menilai penyebaran Omicron tidak akan mengusik rencana The Fed untuk mengakselerasi program tapering bulan ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.