Note

Siap-siap Serok Saham, MTEL Mau Garap 5G!

· Views 21
Siap-siap Serok Saham, MTEL Mau Garap 5G!
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini telah mengubah kebiasaan masyarakat di bidang teknologi dan data. Karena itu hal ini bisa menjadi peluang usaha untuk banyak pelaku industri.

Salah satunya adalah peluang bisnis serat optik yang masih sangat besar ke depan. Serat optik ini adalah keharusan untuk 5G, karena tanpa serat optik maka layanan tak bisa berjalan maksimal.

Direktur Investasi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) memiliki peluang bisnis dari banyak lini usaha. Mulai dari lini bisnis edge computing, internet of things (IoT). "Dan ada banyak lini bisnis lain yang muncul seiring era 5G," kata dia, dikutip Rabu (1/12/2021).

Mitratel juga terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan, Mitratel tak lupa melakukan efisiensi untuk memperbaiki posisi margin. Hal ini tampak dari upaya Mitratel menekan jumlah vendor.

"Sejak awal tahun ini, jumlah vendor kami kurangi dari yang dahulu ada 22, sekarang tinggal sembilan. Dari situ, kami juga membuat klaster-klaster tertentu. Jadi, mereka operasinya lebih enak di area tertentu dan economic of scale juga lebih baik. Hasilnya, biaya mereka lebih kecil dan biaya ke kami juga lebih rendah," jelas dia.

Tidak cuma itu, Mitratel akan melakukan digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi di proses dan lapangan, terutama dari sisi maintenance. Berbagai upaya efisiensi itu hasilnya bisa dilihat, maintenance menara yang biasanya dalam sebulan menelan biaya sekitar Rp 2,7 juta per bulan, per Juni 2021 turun menjadi Rp 1,7 juta atau setara 34%.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.