Note

Kripto Ilegal Koin Micin Ditutup, Begini Efeknya ke Pasar Indonesia

· Views 34

Bisnis.com, JAKARTA – Analis mengungkapkan penghentian aset kripto ilegal oleh Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan berpengaruh positif bagi pasarnya karena berkaitan dengan keamanan investor di aset tersebut.

Komisaris Utama PT HFX Internasional Berjangka Sutopo Widodo menyampaikan penghentian kegiatan investasi aset kripto ilegal tersebut memberikan sentimen positif sehingga aset yang tersedia di pasar Indonesia adalah aset kripto pilihan.

“Iya sentimen yang menurut saya malah bagus, jadi kripto-kripto yang akan tersedia di market Indonesia adalah kripto pilihan, yang likuid dan top 100-200 di coin market cap. Jadi menutup coin-coin money game alias coin micin,” ungkap Sutopo kepada Bisnis, Senin (29/11/2021).

Sutopo melanjutkan, dengan koin-koin kripto yang likuid dan bluechip tersebut maka aset kripto bisa dijadikan salah satu pilihan investasi oleh investor.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan resmi dari Satgas Waspada Investasi OJK, per Oktober lembaga tersebut telah menghentikan delapan entitas eset kripto ilegal karena melakukan kegiatan investasi tanpa izin.

Kedelapan entitas tersebut adalah Koperasi ECE atau Koperasi ECE Mustika Santri yang dihentikan terkait kegiatan investasi aset kripto dengan bunga 1 persen per hari tanpa izin.

Selain itu, tujuh entitas lain dihentikan karena kegiatan investasi aset kripto tanpa izin yaitu CRYPTO MANIA CLUB (www.cryptomaniaclu bs.com), COIN ME 10 Crypto, Saco Wallet, Inacoin Academy, Inacoin Cash, Inacoin Owner Community, dan Inacoin Asia.

Dia memberikan beberapa tips kepada investor agar terhindar dari aset kripto ilegal atau yang disebutnya sebagai ‘coin micin’ tersebut. Sutopo menyarankan investor memilih aset kripto yang masuk dalam 100 daftar teratas market cap.

Kemudian dia menyarankan investor untuk memakai uang dingin ketika berinvestasi aset kripto sehingga jika harga di pasar turun investor setidaknya tetap tenang. Terakhir, dia juga menyarankan untuk memilih platform yang terpercaya.

Terkait dengan prospek aset kripto di akhir tahun ini, Sutopo pun menyampaikan bahwa aset tersebut masih berpeluang naik, dengan perkiraan harga Bitcoin yang masih berpeluang berada dalam rentang level US$62.000 - US$65.000.

Berdasarkan data yang terdapat pada laman Coin Market Cap, Senin (29/11/2021) sore, aset Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan 4,77 persen yang membawanya ke level US$57.351,75.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.