Note

Harga Minyak Goreng Naik, Pemerintah Didesak Gelar Operasi Pasar

· Views 35
Harga Minyak Goreng Naik, Pemerintah Didesak Gelar Operasi Pasar
Ilustrasi minyak goreng. (Shutterstock)

Harga minyak goreng mengalami kenaikan yang cukup tajam sejak akhir Oktober hingga hari ini.

Suara.com - Harga minyak goreng mengalami kenaikan yang cukup tajam sejak akhir Oktober hingga hari ini. Dari harga curah per liter Rp12-15 ribu, di beberapa wilayah sudah mendekati Rp20 ribu. Minyak goreng kemasan per dua liter kini harganya Rp35-38 ribu dari sebelumnya Rp28-30 ribu.

Kondisi ini sangat memberatkan masyarakat menengah bawah dan juga usaha kecil yang terkait makanan. Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI) meminta agar segera ada langkah serius menangani kenaikan harga minyak goreng di dalam negeri.

“Kami rasa sudah sangat mendesak bagi Kementerian Perdagangan dan Pemerintah Daerah untuk melakukan operasi pasar minyak goreng untuk meringankan beban hidup masyarakat dan usaha kecil,” ujar Juru Bicara DPP PSI, Kokok Dirgantoro ditulis Kamis (25/11/2021).

Minyak goreng adalah satu dari Sembilan bahan pokok (Sembako). Keberadaannya sangat penting untuk penyediaan pangan masyarakat. Sebagai bagian dari sembako, perlu ada mekanisme kebijakan agar harganya stabil di masyarakat dan tidak menjadi bagian pemicu inflasi.

Baca Juga: Harga Bertahan Tinggi, Pembelian Minyak Goreng Curah di Jogja Menurun

Pada oktober lalu, Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi 0.12 persen, salah satu penyebabnya adalah kenaikan harga minyak goreng yang memberikan dampak 0,05 persen.

“Dalam kondisi ekonomi yang cukup menantang dan terimbas pandemi, pemerintah harus memikirkan perekonomian masyarakat bawah. Pedagang gorengan, pemilik warteg, pedagang ketoprak, pedagang nasi goreng, dan lain-lain semua terdampak. Demikian juga masyarakat menengah bawah. Mereka mengalami dampak langsung dari tingginya harga minyak goreng yang kemudian dampak ikutannya adalah berkurangnya margin pendapatan dan meningkatnya pengeluaran keluarga,” jelas Kokok.

Kokok menambahkan pemerintah melakukan berbagai pengetatan pembatasan mobilitas untuk menangani pandemi. Mobilitas masyarakat berbanding lurus dengan pendapatan. Semakin dibatasi, semakin pendapatan stagnan atau turun.

“Dalam penanganan pandemi, terkait pembatasan mobilitas, perlu pula dipikirkan kebijakan-kebijakan untuk meringankan beban masyarakat seperti operasi pasar. Jangan saat pendapatan belum stabil, lalu ada pembiaran kenaikan harga sembako,” tuturnya.

Kokok mengatakan Indonesia memiliki 14,6 juta hektar lahan sawit dan mampu menghasilkan 50 juta ton CPO bahkan lebih setiap tahun. Indonesia adalah penghasil CPO terbanyak di dunia dan pemilik lahan sawit terluas di dunia. Ekspor turunan dari Kelapa Sawit juga memberikan devisa terbesar untuk Indonesia.

Baca Juga: Klaim Nasi Putih Bisa Jernihkan Minyak Goreng Bekas, Tips dari Wanita Ini Tuai Perdebatan

“Jangan gunakan kenaikan harga minyak goreng dunia sebagai satu-satunya alasan kenaikan harga minyak domestik. RI memiliki lahan dan produksi terbanyak di dunia. Jangan sampai masyarakat Indonesia jadi seperti ayam yang mati di lumbung padi,” pungkasnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.