Note

Perkiraan EUR/USD: Tekanan Meningkat pada Mata Uang Bersama karena Covid di Eropa Memburuk

· Views 34

Harga EUR/USD Saat Ini: 1,1192

  • Situasi virus corona yang memburuk di Eropa melemahkan permintaan untuk EUR.
  • Inflasi AS terus memanas di bulan Oktober, mengisyaratkan respons segera dari The Fed.
  • EUR/USD diperdagangkan di bawah 1,1200 dan bisa terus jatuh meskipun kondisi oversold.

Perkiraan EUR/USD: Tekanan Meningkat pada Mata Uang Bersama karena Covid di Eropa Memburuk

Permintaan terus-menerus untuk mata uang Amerika mendorong EUR/USD ke rendah baru 2021 di 1,1185, dengan pasangan mata uang saat ini diperdagangkan beberapa pip di atas level tersebut. Permintaan untuk aset safe-haven tinggi, karena ekuitas global diperdagangkan dengan lesu.

Data ekonomi makro memicu suasana suram, karena Jerman menerbitkan survei IFO November, yang menunjukkan bahwa Iklim Bisnis berkontraksi menjadi 96,5, turun untuk bulan kelima berturut-turut. Ekspektasi turun ke 94,2 sementara penilaian situasi saat ini menyusut menjadi 99. Di sisi lain, Produk Domestik Bruto Kuartal 3 AS yang diterbitkan direvisi naik menjadi 2,1% di Kuartal 3, sedikit di bawah ekspektasi 2,2%, sementara inflasi di negara itu mencapai tertinggi 30 tahun, karena Indeks Harga PCE inti melonjak menjadi 4,1% Tahunan di bulan Oktober. Antara lain, AS juga melaporkan bahwa Klaim Pengangguran Awal berkontraksi menjadi 199 ribu dalam pekan yang berakhir 19 November, terendah sejak pandemi dimulai.

Sementara itu, di Eropa, kekhawatiran berputar di sekitar melonjaknya kasus virus corona saat belahan bumi utara memasuki musim dingin. Lockdown dan mandat vaksin sedang dibahas di beberapa negara, dan gambaran yang lebih jelas akan terlihat menjelang akhir pekan, karena Jerman dan Prancis diperkirakan akan mengumumkan langkah-langkah baru untuk menangani wabah terbaru.

Saat hari berakhir, FOMC menerbitkan Risalah pertemuan November. Dokumen tersebut menunjukkan bahwa pembuat kebijakan percaya bahwa mereka harus siap untuk menyesuaikan laju pengurangan pembelian aset dan menaikkan kisaran target untuk tingkat dana federal lebih cepat dari yang diantisipasi saat ini jika inflasi terus memanas. Namun, reaksi pasar cukup terbatas karena tidak ada kejutan dalam pernyataan tersebut.

Jerman akan menerbitkan revisi PDB Kuartal 3 pada hari Kamis, sementara Bank Sentral Eropa akan merilis Akun Rapat Kebijakan Moneter. Pasar AS akan ditutup di tengah liburan Thanksgiving.

Prospek teknis EUR/USD jangka pendek

EUR/USD sangat oversold tetapi masih bearish, karena grafik harian menunjukkan bahwa indikator teknis menawarkan kemiringan bearish moderat dalam level ekstrim. Dalam grafik yang sama, SMA 20 terus mengarah lebih rendah lebih dari 200 pip di atas level saat ini sementara melebarkan jarak dengan SMA yang lebih panjang, mencerminkan minat jual yang kuat.

Grafik 4 jam juga menunjukkan bahwa pasangan mata uang ini bisa jatuh lebih jauh karena penjual menambahkan short pada pendekatan ke SMA 20 yang bearish. Indikator teknis telah kehilangan kekuatan bearishnya tetapi bertahan di sekitar terendah intraday, dengan RSI di wilayah oversold. Area support yang kuat muncul di sekitar 1,1160, di mana pasangan mata uang ini mencapai titik terendah pada Juni 2020. Penembusan di bawah yang terakhir dapat membuat pasangan ini menguji angka 1,1000 dalam beberapa hari ke depan.

Level support: 1,1160 1,1120 1,1075

Level resistance: 1,1210 1,1250 1,1290

Lihat Grafik Live EUR/USD

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.