Note

Inflasi RI Rendah, Kok BI Malah Nggak Happy?

· Views 31
Inflasi RI Rendah, Kok BI Malah Nggak Happy?
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Oktober 2021 tercatat inflasi 0,12% month to month dan 0,93% year to date (ytd). Lalu secara tahunan inflasi tercatat 1,66% yoy, naik dibandingkan inflasi September 2021 sebesar 1,6%.

Catatan angka inflasi itu masih di bawah perkiraan Bank Indonesia (BI). "Range kita 2%-4%, artinya kalau di bawah 2% sebenarnya bagi bank sentral tidak happy," kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo dalam acara OJK Mengajar, Jumat (19/11/2021).

BI ternyata tidak bahagia dengan situasi inflasi nasional yang amat rendah. Ini menunjukkan ekonomi tidak sepenuhnya pulih seperti yang diharapkan.

"Range kita 2-4%. artinya kalau di bawah 2%, sebenarnya bagi kami di bank sentral tidak happy," tutur Dody.

Dia mengungkapkan, dengan inflasi yang rendah ini, artinya permintaan masyarakat masih rendah dan ekonomi belum berjalan. "Kita minta yang fit di Indonesia kisaran 2%-4%, jika di batas bawah 2% sudah cukup baik," ujar dia.

Kondisi ekonomi Indonesia sebetulnya mulai menunjukkan pemulihan pada kuartal II 2021. Tapi kembali lesu karena masuknya serangan varian Delta COVID-19 yang terpaksa harus dilakukan pengetatan mobilitas masyarakat.

Karena itu bank sentral saat ini masih mendalami lebih lanjut kondisi tersebut. Sehingga mengeluarkan bauran kebijakan untuk solusi mendorong pemulihan ekonomi yang lebih cepat.

"Kuncinya sekarang demand ini tumbuh, atau jangan-jangan demand sudah mulai tumbuh, jangan-jangan ada isu dengan supply-nya. Apakah supply-nya gak mampu untuk menahan kenaikan permintaan," jelas dia.

Perkiraan BI, inflasi akan meningkat pada 2022 yaitu 2-4% seiring dengan perkembangan global dan pemulihan ekonomi nasional.

(kil/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.